Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-sawi-hijau-1-1

Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan – Sawi hijau atau caisim merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mudah dijumpai di pasar modern atau pun pasar tradisional. Pada umumnya, sawi hijau sering digunakan sebagai olahan sayur tumis atau campuran berbagai makanan seperti mi ayam.

Sayuran yang cocok ditanam pada dataran tinggi ini memiliki rasa yang khas dan nikmat, sehingga membuat sawi hijau ini banyak digemari oleh banyak orang dari semua kalangan. Karena dibalik rasanya yang lezat, sawi hijau juga mempunyai banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang diperoleh dari mengkonsumsi sawi hijau.

manfaat sawi hijau

Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Di dalam sawi hijau terdapat kandungan asam alfalinoleat dan asam lemak omega 3, yang selain bermanfaat untuk kesehatan otak tapi juga dapat meningkatkan kesehatan jantung kita. Sehingga, dengan mengkonsumsi sayuran hijau tersebut sama halnya membuat ritme detak jantung menjadi stabil dan terhindar dari penyakit jantung koroner dan ketup jantung.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Kekurangan asupan vitamin K dapat beresiko lebih tinggi mengalami masalah tulang seperti patah tulang. Salah satu cara mendapatkan asupan vitamin K yang baik ialah dengan mengkonsumsi sawi hijau, yang dimana vitamin tersebut berperan mengubah protein matriks tulang dan membantu meningkatkan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

manfaat sawi hijau

Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Sebagai sayuran hijau yang kaya akan kandungan klorofil, sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, membuat sawi hijau baik untuk di konsumsi secara teratu karena dapat menghambat proses pertumbuhan sel kanker dan menghindari resiko kolesterol.

Menyehatkan Mata

Terdapatnya kandungan vitamin A pada sawi hijau dipercaya dapat membuat mata menjadi lebih sehat. Maka dengan mengkonsumsi sayuran ini, dapat membuat penglihatan kita semakin tajam dan mata semakin lebih sehat.

Dapat Mengatasi Diabetes

Bagi para penderita penyakit diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi sawi hijau secara rutin. karena didalam sayur tersebut antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa secara efektif dan membantu mencegah oksidatif stres yang telah dialami oleh penderita.

manfaat sawi hijau

Bisa Mencegah Dehidrasi

Tingginya kandungan air dalam sawi hijau amat sangat baik untuk membantu kadar air dalam tubuh dan terhindar dari masalah dehidrasi.

Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem pertahanan tubuh atau imun yang baik dapat menangkal dan melawan berbagai jenis penyakit. Untuk mengikatkan sistem imun tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sawi hijau, yang mengandung vitamin C secara rutin.

Manfaat Sawi Hijau Lainnya;

  • Dapat Menyehatkan Kulit dan Rambut
  • Bermanfaat Membantu tidur dan Suasana Hati
  • Sebagai Menu Makanan Diet

Banyaknya manfaat sawi hijau bagi kesehatan tubuh, sebaiknya juga tidak untuk mengkonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah yang berlebihan. karena didalam sawi hijau tersimpan goitrogens yang bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid jika mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Namun apapun itu, sebaiknya untuk selalu mengkonsultasikan kesehatan anda pada ahlinya (Dokter). Baca juga manfaat Kecipir untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *