7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat Muslim sebagaimana bulan ini dipercaya sebagai bulan penuh berkah dan rahmah. Tentu, kewajiban untuk berpuasa selama sebulan merupakan ibadah yang wajib dijalankan untuk menggapainya.

Akan tetapi, tahukah Mama apa saja manfaat puasa bagi kesehatan? Menurut data penelitian, puasa nyatanya memiliki manfaat yang luas biasa untuk kesehatan tubuh. Untuk tahu lebih jelasnya, mari simak manfaat puasa untuk kesehatan tubuh di bawah ini.

Meningkatkan Konsentrasi Urin

Aktivitas puasa yang mengharuskan kita tidak makan sekaligus minum dalam rentang waktu tertentu nyatanya memiliki dampak positif bagi konsentrasi urin dalam ginjal. Pasalnya, penghentian konsumsi air menghasilkan konsentrasi urin meningkat dengan kekuatan yang banyak.

Hal ini sangat berdampak positif untuk fungsi dan kinjera sel darah merah yang membutuhkan volume air yang seimbang dalam darah. Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi air yang berlebihan terus menerus memiliki dampat negatif. So, fasting is indeed the solution.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menahan lapar dan dahaga memang membutuhkan perjuangan dan upaya yang optimal. Namun, hasil yang didapatkan nyatanya tidak akan membuat tubuh kita lemah dan rentan karena hal ini berdampak pada peningkatan limfosit hingga penurunan kadar apo-alfa1.

Reaksi biologis ini diketahui menjadi faktor penting yang menjadi pemicu untuk system kekebalan tubuh meningkat. Secara khusus, hal ini bekerja pada pembuluh darah yang menjauhkan kita dari berbagai serangan penyakit yang bisa mematikan.

Mencegah Pengasaman Dalam Darah

Sebagaimana yang dijelaskan pada dua poin di atas, setiap manfaat positif nyatanya memang dipengaruhi dari dampak puasa pada sel maupun pembuluh darah. Itu kenapa, rasanya janggal jika kita tidak secara spesifik membahas manfaat puasa pada darah manusia.

Secara khusus, penelitian membuktikan bahwa puasa membuat asam amin teroksidasi dengan pelan. Alhasil, hal ini membuat Mmaa tercegah dari permasalahan terkait pengasaman dalam darah yang rentan diderita orang dewasa.

Pengaruh Baik Bagi Ibu Hamil

Sebagai seorang Mama, berbagai pertanyaan terkait dampak puasa pada Ibu hamil pastilah terlintas di pikiran Mama. Untuk menjawabnya, para ilmuwan mengemukakan bahwa kegiatan puasa tidak memberi dampak yang memberatkan proses kehamilan.

Bukan hanya itu, kondisi kesehatan janin di dalam kandungan Mama dipastikan oleh Rumah Sakit dari Universitas Gaziantep berjalan lancar. Tentu, dalam rangka itu, Mama wajib memastikan asupan gizi yang baik saat sahur dan buka puasa.

Kesehatan Jantung Yang Optimal

Sebagaimana puasa memberi pengaruh yang positif pada sel darah individu manusia, hal ini tentu turut mempengarhui kondisi kesehatan jantung. Bahkan, puasa disebut-sebut dapat menjamin kesehatan jantung yang optimal dan aman.

Hal tersebut dikarenakan kegiatan puasa pada rentang waktu tertentu meningkatkan kolestrol baik (High Desity Lipoprotein) sekaligus menurunkan kolestrol tidak baik (Low Desity Lipoprotein) sehingga menjaga keseimbangannya yang bermanfaat untuk kondisi jantung.

Perbaikan Kinerja Sel Tubuh

Tahukah Mama? Hal terbaik dari aktivitas puasa adalah pola makan yang membuat tubuh manusia dapat memproduksi asam lemak dan asam amin yang penting di mana hal tersebut dibangun dari waktu sahur dan berbuka.

Alhasil, tubuh Mama membentuk tunas-tunas protein, lemak, kolestrol baik dan fosfat yang berguna untuk membangun sel baru melalui proses lahir dan peremajaan sel dalam jumlah yang banya. Jadi, terbukti! Perbaikan kinerja sel tubuh tercapai.

Kesehatan Psikologi dan Mental

Menurut penelitian di Moskow yang menemukan 65% orang yang berpuasa mengalami perbaikan kondisi mental.

Siapa bilang, kesehatan tubuh seseorang hanya ditandai dengan keadaan dan kinerja biologis di dalam tubuh jasmani. Tentu, hal tersebut disertai dengan keadaan rohani atau spiritualyang ditandai dengan kesehatan mental.

Beruntungnya, puasa sebagai bagian dari ibadah menjamin hal tersebut karena kegiatan ini membuka komunikasi psikososial yang baik antara sesama manusia dan Sang Pencipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *