Sun. Oct 21st, 2018
puasa

Mengetahui Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan merupakan suatu hal yang paling berharga. Dengan tubuh yang sehat, maka segala aktivitas pun dapat dijalani secara lancar. Salah satu cara efektif menyehatkan tubuh adalah melakukan puasa. Ternyata manfaat puasa bagi kesehatan sangat menakjubkan yang tidak banyak orang mengetahuinya.

Inilah Manfaat Puasa Bagi kesehatan Tubuh Kita

Terkadang melakukan puasa dianggap sebagai hal yang kurang menyehatkan terutama mengenai masalah pencernaan atau maag. Sebenarnya anggapan tersebut merupakan hal yang salah. Berpuasa sehat akan semakin menyehatkan tubuh. Dengan berpuasa justru pencernaan kita menjadi lebih baik karena makanan yang dicerna menjadi terarah. Selain kesehatan fisik, manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat dirasakan secara psikis atau mental berupa menghilangkan stress.

Mengurangi risiko kanker

Ketika menjalankan puasa, tingkat pembelahan sel di dalam tubuh menjadi berkurang karena terbatasnya asupan. Hal ini akan mengurangi risiko kanker yang selama ini menjadi penyakit berbahaya bahkan penyakit pembunuh.

Menjaga kestabilan berat badan

Berpuasa berarti juga mengendalikan pola makan yang dikonsumsi. Puasa sebagai cara yang lebih efektif dan sehat untuk menjaga kestabilan tubuh dibandingkan melakukan diet dengan cara tidak makan. Diet mogok makan justru akan merusak organ di dalam tubuh dan nafsu makan akan melonjak di saat Anda menemukan makanan yang tepat.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Pada saat melakukan puasa baik puasa wajib atau sunah tubuh akan mengalami pengingkatan HDL dan penurunan LDL. Kedua hal tersebut baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Meningkatkan kemampuan otak

Siapa sangka ternyata puasa dapat memengaruhi daya ingat otak. Meningkatnya neurotropik mampu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak yang berpengaruh terhadap fungsi otak.

Mengeluarkan toksin

Racun atau toksin yang menumpuk pada tubuh dapat dikeluarkan melalui berpuasa. Cadangan lemak yang dikonsumsi akan membakar toksin jahat yang ada di dalam tubuh.

Manfaat puasa bagi kesehatan akan Anda rasakan jika dilakukan dengan benar. Pada dasarnya puasa merupakan hal untuk membiasakan diri dalam melatih hawa nafsu termasuk makan. Oleh karenanya, jangan anggap bahwa puasa dapat menjadikan diri Anda sakit. Baca juga, Mengatur pola makan untuk kesehatan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *