Manfaat Pete Yang Perlu Kita Ketahui Mendalam

manfaat-pete-1-1

Manfaat Pete – Siapa yang tidak tahu pete? Buah banyak orang terutama masyarakat Indonesia, tentunya pete bukan suatu hal asing lagi. Karena selain mudah ditemukan di pasaran, pete juga memiliki ciri baunya yang khas dan melekat, serta bentuk pipih berwarna hijau sehingga sangat mudah untuk dikenali seperti halnya buah jengkol.

Pete atau dalam bahasa Indonesia petai, merupakan jenis tumbuhan polong-polongan yang berbuah dan popoler digunakan sebagai olahan sayur. Meskipun tidak sedikit orang yang kurang menyukai pete karena baunya, tapi pete menawarkan rasa yang lezat dan disukai banyak orang.

Di samping rasanya yang nikmat, pete juga memiliki berbagai manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat pete untuk kesehatan yang perlu kita ketahui lebih dalam.

manfaat pete

Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh

Dapat Mengatasi Depresi

Dari beberapa manfaat pete atau petai bagi untuk kesehatan, salah satunya ialah dapat mengatasi depresi yang sering di alami oleh seseorang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat tryptophan di dalam pete, yang dimana kandungan tersebut merupakan penyebab depresi seseorang mereda. Sehingga dengan begitu tubuh akan merasa lebih rileks, bahagia dan memperbaiki mood serta kondisi emosi seseorang menjadi lebih baik.

Mampu Mencegah Anemia

Mengkonsumsi biji atau sayur pete dipercaya dapat mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah. Tentunya hal tersebut di sebabkan adanya kandungan yang baik didalam sayur tersebut, yaitu kandungan zat besi yang cukup tinggi. Munculnya anemia sendiri ditandai dengan rasa lemah, letih, lesu, mudah pusing, dan lain sebagainya.

Memelihara Kesehatan Jantung

Menurut ahli kesehatan dunia mengungkapkan bahwa pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dalam tubuh. Dimana tekanan darah tinggi tersebut, dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius dan salah satunya yaitu penyakit jantung.

manfaat pete

Dapat Meningkatkan Kognitif Otak

Sebagai buah yang mempunyai kandungan kalium cukup tinggi, peta atau petai diyakini mampu meningkatkan kemampuan kognitif dengan cara mengkonsumsinya. Kemampuan kognitif itu sendiri mencangkup banyak hal seperti kemampuan mengingat, kemampuan mempersiapkan melalui indera, dan lain sebagainya.

Bisa Mengatasi PMS

Ketika wanita sedang mengalami PMS ( Pre Menstrual Syndrome ) biasanya akan mengalami perubahan mood dan kondisi menjadi emosional. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup dengan mengkonsumsi pete yang mempunyai kandungan tryptophan yang dapat berperan membantu menstabilkan mood. Selain itu, terdapat kandungan vitamin B1 juga mampu membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh supaya tetap normal.

Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Manfaat pete selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, yang disebabkan adanya kandungan antioksidan dalam pete. Kandungan tersebut sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

Mengurangi Rasa Sakit Akibat Gigitan Nyamuk

Selain biji atau buahnya yang bermanfaat, kulit pete juga sangat berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit akibat gigitan nyamuk. Caranya, cukup dengan menggosok bagian dalam kulit pete pada bagian yang serang atau digigit nyamuk.

Khasiat dan Manfaat Peta Lainnya;

  • Dapat Menyehatkan Pencernaan
  • Meningkatkan Kualitas Tidur
  • Baik Untuk Kesehatan Lambung
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tak lupa untuk mengingatkan juga, meskipun pete memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Disarankan tidak mengkonsumsi sayur pete yang berlebihan karena berbahaya untuk kesehatan ginjal, hal ini disebabkan adanya kandungan asam amino yang tinggi. Demikianlah informasi tentang manfaat pete untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *