Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-pare

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh – Baik sayur atau pun buah-buahan merupakan makanan yang banyak mengandung serat dan berbagai nutrisi lainnya. Dari usia anak-anak sampai orang dewasa sangat baik mengkonsumsi sayur, karena selain rasanya yang enak juga supaya tubuh tetap sehat dan mendapat konsumsi yang baik. Salah satu sayuran yang paling tidak disukai oleh banyak orang yaitu pare, karena rasanya cukup pahit.

Pada dasarnya, pare merupakan salah satu sayuran yang jenis tanamannya merambat dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pare tergolong dalam jenis labu-labuan yang memiliki nama latin Momordica charantina L, sedangkan di berbagai daerah yang ada di Indonesia pare banyak memiliki sebutan seperti paria, papare, pare pahit, dan lain sebagainya.

Meskipun rasanya cukup pahit, tidak sedikit juga orang memanfaatkan pare sebagai sayuran maupun sebagai obat. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat pare bagi kesehatan.

manfaat pare

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Dapat mengatasi Diabetes

Seperti yang kita ketahui, diabetes merupakan jenis penyakit yang dimana tubuh tidak mampu menghasilkan insulin dengan baik atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi dan tidak bekerja dengan baik. Jenis penyakit ini dapat diatasi dengan pare, karena rasanya yang pahit mengartikan tidak adanya kandungan pemanis dalam pare. Selain itu, kandungan senyawa sulfonylurea dan sterol glikosida pada pare dapat berfungsi untuk mengatasi diabetes.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat pare juga sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini disebabkan adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada pare, sehingga kandungan tersebut akan mengikat radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya sel kanker.

Mengobati Asma

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts, mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan pahit seperti halnya pare, dapat merangsang indra pengecap yang ada pada saluran pernapasan.

manfaat pare

Meningkatkan Sistem Kekebalan Dalam Tubuh

Sebagai sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan, Oleh sebab itulah pare sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disamping itu, pare juga memiliki banyak vitamin C dan kandungan airyang sangat bagus untuk menjaga serta menstabilkan tubuh dengan cara mengkonsumsinya.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Dibalik rasanya yang pahit, ternyata pare menyimpan bebagai kandungan senyawa seperti anti inflamasi, anti-histamin, ekspektoran, supresan, dan juga sifat antivirus. Oleh sebab itu pare diyakini dapat menyembuhkan berbagai masalah pernapasan seperti asma, demam, serta bronchitis.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pare selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah penuaan dini, hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan antioksidan yang berfungsi menutrisi kulit sehingga keriput dan penuaan dapat terhidari.

Manfaat Pare Lainnya;

  • Menambah nafsu makan
  • Menghambat perkembangan AIDS
  • mengatasi sembelit dan gangguan pada usus
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengobati disentri
  • Mengobati malaria
  • Mengatasi batu ginjal
  • Mencegah leukimia

Itulah ulasan singkat tentang manfaat pare untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Memiliki pola hidup yang sehat sangat menguntungkan anda di kemudian hari, anda juga bisa membaca artikel kesehatan sebagai panduan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *