Fri. Oct 19th, 2018
manfaat olahraga plank

Manfaat Olahraga Plank Untuk Otot dan Kesehatan Tubuh!

Matajurnal – Manfaat olahraga plank ternyata tidak hanya sebatas mengecilkan perut dan melatih ketahanan pada otot tangan saja. Ada berbagai manfaat lain yang dapat anda peroleh dari semua gerakan dasar olah raga satu ini, tentunya amat menyehatkan tubuh.

Hal yang perlu anda ketahui, plank juga memeliki berbagai variasi. Baik dari segi gerakan maupun durasi, sehingga anda tidak hanya akan melatih otot-otot di sekitar perut., tapi juga seluruh otot tubuh yang kalian kehendaki.

Manfaat Olahraga Plank Untuk Kesehatan Tubuh

Bentuk pose plank pada kenyataannya melibatkan pergerakan otot di berbagai bagian tubuh kita. Selain membentuk otot, plank nyatanya juga dapat mengencangkan otot dan memperkuat otot inti tubuh. Berikut adalah rincian lengkap dari manfaat Plank;

Mengaktifkan Lebih Banyak Otot

Berbeda dengan olah raga pada umumnya, plank tidak membebani otot dasar seperti punggung dan lebih efektif guna melatih seluruh otot tubuh anda tanpa membebani salah satu otot tubuh kita. Hal ini akan menurunkan resiko cidera pada otot tubuh.

Pasalnya gerakan plank melibatkan seluruh otot lengan, kaki dan perut, sehingga otot-otot ini akan terlatih secara berbarengan dan lebih efisien.

Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Saat melakukan gerakan plank, anda menarik dan menggerakkan otot tubuh dari mulai perut, bahu, hingga punggung ke bawah. Gerakan plank juga menghaluskan otot hamstring hingga lengkungan telapak kaki, sehingga akan melatih kekuatan dan kelenturan otot.

Anda juga dapat menggerakan otot-otot di sisi tubuh dengan melakukan plank samping (side plank). Manfaat olahraga plank pada sisi tubuh untuk melenturkan lengan, badan dan kaki serta meningkatkan konsentasi dan keseimbangan.

Memperbaiki Posisi Tubuh

Selain itu, manfaat olahraga plank juga cocok bagi anda yang mengalami sakit punggung karena sering kali duduk di kursi terlalu lama atau yang memiki tubuh bungkuk. Gerakan plank mengharuskan anda untuk meluruskan leher, dada, bahu, punggung dan menguatkan otot perut.

Gerakan ini membuat punggung dan bahu akan kembali ke posisi norma seperti semula, jika rutin di lakukan. olahraga plank juga dapat meningkatkan kekuatan isometris otot inti tubuh anda, sehingga tubuh dapat berdiri dan duduk secara tegak.

Merupakan Jenis Olahraga Yang Mudah di Modifikasi

Selain manfaat terhadap tubuh, ternyata olahraga plank juga dapat di modifikasi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan otot bagian mana yang hendak di latih. Dengan melakukan gerakan plank selama 15-30 detik, lalu tambahkan durasinya sedikit demi sedikit.

Jika gerakan plank dilakukan untuk meningkatkan daya tahan otot, kalian dapat melakukan dnegan interval 10 detik setiap plank. Modifikasi gerakan plank bermanfaat untuk melatih anggota tubuh yang dikehendaki secara spesifik.

Berikut adalah langkah-langkah Gerakan Plank:

Gerakan Forearm Plank

Gerakan Forearm Plank cocok jika anda baru pertama kali mengenal latihan plank. Berikut caranya:

  1. Awali dengan berbaring dalam posisi tengkurap di atas matras, lalu tempatkan lengan bawahmu tepat dibawah bahu untuk menumpuk tubuh.
  2. Angkat pinggul keatas, pastikan otot bokong, trisep, dan perut juga terangkat seirama agar punggung tidak melengkung ke bawah.
  3. Angkat lutut dan bertumpulah pada ujung jari, sehingga tubuh membentuk garis lurus. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit.

Gerakan Forearm Full Plank

Setelah mengetahui teknik melakukan forearm plank, sekarang anda dapat mengembangkannya menjadi full plank dan melakukan transisi di antara keduanya dengan cara berikut:

  1. Awali dengan posisi forearm plank.
  2. Gerakan dan luruskan salah satu tangan untuk mengangkat tubuh mu hingga mencapai posisi full plank. Ulangi perlahan hingga kalian dapat menguasai forearm plank dan full plank.
  3. Pilihlah tempo dengan nyaman. Kalian dapat mengawalinya dengan melakukan 1 set selama 30 detik, lalu ulangi sebanyak 3 set. Teruslah berlatih hingga kalian dapat melakuak 1 set selama 1 menit.

Gerakan Side Plank

Side Plank dilakukan dengan beberapa tahap seperti;

  1. Berbaringlah pada salah satu sisi tubuh dengan siku berada tepat di bawah bahu, lengan atas menyangga tubuh dan lengan bawah rata dengan matras.
  2. Tumpuk kedua kaki hingga lurus, lalu angkat pinggulmu.
  3. Angkat pinggul dan lutut kalian, serta pastikan otot bokong berkontraksi selama 30 detik hingga 1 menit.

Inilah beberapa contoh gerakan olahraga plank yang dapat kalian coba. Dilihat dari berbagai macam manfaat olahraga plank pada tubuh, dapat dipastikan bahwa olahraga ini memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh dan otot-otot tubuh kita. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *