Tue. Oct 16th, 2018

Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil Dan Janin!

Matajurnal – Manfaat minyak ikan atau fish oil merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik untuk dikonsumsi saat masa kehamilan. Protein yang terkandung di dalamnya baik untuk perkembangan otak, hingga motorik calon si buah hati.

Meski identik dengan kesehatan janin, dampak dari minyak ikan ini tidak hanya itu saja. Berikut adalah manfaat minyak ikan untuk ibu hamil yang mungkin belum diketahui banyak orang:

Daftar Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Kecerdasan Janin Dalam Kandungan

Menurut penelitian, minyak ikan yang dikonsumsi selama masa kehamilan dapat membantu merangsang perkembangan mental janin di masa mendatang. Para ibu hamil juga dapat mencoba konsumsi minyak sehat ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Selain dari suplemen, terdapat beragam jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Contohnya seperti ikan salmon, kacang walnut, biji rami (flaxseed), brokoli hingga telur.

Bahan makanan yang mengandung omega-3 sangat cocok dijadikan asupan sehat guna mendukung pesatnya pertumbuhan otak dan sistem syaraf janin yang lebih sempurna. Nah, para ibu hamil dapat menyisipkan menu sehat tersebut dalam daftar makanan loh.

Mengurangi Resiko Depresi Pasca Melahirkan

Selain itu, manfaat minyak ikan juga dapat mengurangi resiko depresi pasca melahirkan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memenuhi asupan minyak ikan secara teratur sebanyak tiga kali seminggu, para ibu hamil dapat meminimalkan masalah kesehatan mental tersebut.

Salah satu bentuk dari omega-3 adalah EPA (asam eikosapentanoat), berguna untuk menagkal gejala-gejala depresi. Makanan laut seperti ikan pollock dan sarden memiliki kandungan asam lemak tinggi omega 3 serta kandungan mercuri yang rendah.

Menjaga Kulit

Kesehatan kulit selama masa kehamilan tidak hanya dirawat dari luar, namun juga dijaga dari dalam. Makanan yang dikonsumsi para ibu hamil juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit ketika hamil dan setelah melahirkan jika dikonsumsi rutin.

Demi menjaga kesehatan kulit selama mengandung, bunda perlu memenuhi asupan lemak omega-3 yang terdapat pada minyak ikan ini. Pilihan suplemen yang mengandung DHA dan EPA agar kulit terbebas dari kerutan, terasa lembut, kenyal dan melindungi dari tabir surya.

Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu, manfaat minyak ikan akan memberikan efek positif juga pada mata. Senyawa DHA (asam dokosaheksaenoat) dan EPA (asam eikosapentanoat) di dalam minyak ikan dianggap dapat mendukung perkembangan indera penglihatan pada janin.

Disampi itu, minyak ikan dapat menekan resiko gangguan degenerasi yang bertujuan kebutaan pada orang dewasa. Namun pastikan para ibu hamil menyantap sajian ikan dengan matang, bersih dan segar.

Menjaga Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Akan tetapi, sebuah studi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi rutin hidangan ikan dapat menekan resiko serangan jantung dan beberapa penyakit mematikan lainnya.

Para ibu hamil dapat mengkonsumsi minyak ikan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Meski demikian, dalam mengkonsumsinya tetap harus dalam batasan dan jumlah yang wajar ( tidak berlebihan atau terlalu banyak).

Inilah beberapa manfaat minyak ikan untuk ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Jika ada ke khawatiran dalam mengkonsumsi ini, sebaiknya lakukan konsultasi dulu kepada para ahli atau dokter yang berkaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *