Tue. Oct 16th, 2018
manfaat minum kopi

Manfaat Meminum Kopi Yang Jarang di Ketahui

Matajurnal – Manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh anda berikut ini akan mematahkan mitos yang mengatakan, bahwa kopi memiliki efek samping yang merugikan diri anda. Nah seperti apa saja manfaat kopi yang di minum untuk tubuh kita? mari kita bahas.

Selain kafein yang meningkatkan konsentrasi, kopi juga mengandung antioksidan dan nutrisi penting bagi tubuh, seperti riboflavin atau vitamin B2, asam pantothenic atau vitamin B5, magnesium dan niacin (B3), serta mangan dan potasium.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan!

Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat minum kopi dapat menghilangkan rasa lelah, hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi merupakan kandungan psikoaktif. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak, dimana kafein akan bekerja memblokir adenosine.

Hal ini akan membuat Neurotransmitters seperti norepinephrine dan dopmine bertambah, alhasil otak bisa bekerja lebih maksimal. Kopi juga mengandung fungsi kognitif otak, sehingga ingatan akan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan fungsi otak.

Membakar Lemak

Seperti yang kita ketahui, hampir semua suplemen pembakar lemak selalu pasti mengandung kafein. Kafein merupakan bahan alami yang telah terbukti dalam berbagai penelitian sanggup membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11%.

Namun, manfaat minum kopi untuk membakar lemak bisa saja tidak terlalu efektif pada orang yang terlalu sering dan sudah lama meminum kopi.

Membuat Tubuh Lebih Bertenaga

Manfaat minum kopi dapat dilihat dari kafeinnya yang dapat meningkatkan epinephrine atau kadar adrenalin dalam darah yang membuat tubuh lebih bertenaga. Pasalnya, kafein bisa menghancurkan sel lemak dalam darah dan mengubah lemak menjadi energi.

Nah, meminum secangkir kopi murni tanpa gula setengah jam sebelum berolahraga dipercaya dapat membuat anda lebih bertenaga dan lebih kuat menghadapi latihan fisik yang intens.

Mencegah Penyakit

Mungkin banyak yang belum tahu, manfaat minum kopi ternyata dapat menurunkan risiko beberpa penyakit seperti:

  • Secangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe II sebesar 7%.
  • Mencegah kepikunan maupun Alzheimer 65%.
  • Manfaat minum kopi juga dapat menurunkan risiko sirosis (pengerasan hati) 80%.
  • Kafein dalam kopi dapat menurunkan penyakin parkinson 32-60%.
  • Minum kopi juga diyakini dapat melawan kanker liver dan usus hingga 15-40%.
  • Kopi juga dapat mencegah stroke.

Memperpanjang Umur

Angka kematian pada peminum kopi berkurang hingga 20% pada pria dan 26% pada wanita dalam jangka waktu 18 hingga 24 tahun. Para penderita diabetes tipe II juga memiliki kesempatan bertahan hidup lebih lama hingga 70% karena mengkonsumsi kopi.

Membuat Bahagia

Penelitian di Harvard School of Publick Health tahun 2011 menyatakan turunnya risiko depresi sebanyak 20% pada wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari. Penelitian lain menyebutkan bahwa empat gelas kopi dalam sehari dapat menekan angka bunuh diri hingga 50%.

Inilah manfaat minum kopi yang mungkin belum diketahui oleh sebagian orang. Bagi anda yang hobi minum kopi, bersyukurlah karena banyak manfaat bagi kesehatan. Dan bagi anda yang belum, mari coba untuk minum kopi, yang penting tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *