Inilah 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan

manfaat-madu-untuk-kesehatan

Manfaat madu untuk kesehatan sudah terbukti klinis sejak lama. Madu merupakan salah satu obat alami yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan untuk penyakit berat, madu bisa digunakan untuk mengobatinya. Madu kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam kesehatan manusia. Berikut ini merupakan ulasan manfaat madu dalam bidang kesehatan.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Meredakan Batuk

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Kandungan antibakteri di dalam madu mampu membantu dalam meredakan batuk. Penelitian yang berasal dari Amerika mengatakan bahwa madu berkhasiat mengobati batuk pada anak-anak. Ditambahkan pula bahwa madu dapat meredakan batuk jika dikonsumsi setidaknya 7 hari berturut-turut.

Mencegah Diabetes

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Konsumsi madu terbukti bermanfaat untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan kadar gula dalam madu sangatlah sedikit. Meski madu rasanya manis, namun madu memiliki senyawa gula alami yang aman dikonsumsi.

Indeks glikemiks madu juga diketahui jauh lebih rendah dibanding jenis gula lainnya. Jika Anda mengganti gula dengan madu alami, maka diabetes bisa dicegah dan gula darah bisa dikendalikan.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat madu untuk kesehatan lainnya adalah memperkuat daya tahan tubuh akan penyakit. Berdasarkan penelitian, madu bisa merangsang pembentukan sel-sel imun yang berguna untuk menangkal penyakit.

Jika Anda dalam masa penyembuhan, direkomendasikan untuk mengonsumsi madu. Ini akan membantu dalam proses pemulihan.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Resiko penyakit jantung bisa diatasi dengan konsumsi madu. Madu mampu menghancurkan kolesterol sehingga fungsi jantung akan kembali seperti semula. Madu juga mengandung zinc dan potassium yang berperan dalam kelancaran tekanan darah.

Mencegah Tumor dan Kanker

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Mungkin belum banyak orang yang tahu akan hal ini. Madu bisa bermanfaat dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor karena adanya senyawa aktif tertentu dalam madu. Senyawa tersebut dikenal dengan sebutan senyawa anti-tumor.

Dengan demikian, konsumsi madu sangat dianjurkan apalagi untuk anak-anak. Ini juga akan menstimulasi otak mereka. Namun perlu diingat bahwa belilah madu yang asli agar manfaat madu untuk kesehatan terasa dalam tubuh kita. Jangan lupa baca juga, manfaat buah Kelapa untuk kesehatan dan manfaat buah Jeruk untuk kesehatan dan kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *