Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-kecipir

Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan Tubuh – Kecipir ialah Jenis tumbuhan merambat yang buahnya biasa diolah sebagai sayuran, sama halnya dengan buncis. Menurut kabar, kecipir berasal dari daerah papua sehingga banyak di jumpai pada daerah Asia Tenggara.

Selain memberikan rasa yang nikmat sebagai olahan makanan, kecipir juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada kecipir, beberapa kandungan tersebut seperti saponin, folat, tannin, vitamin B1, B2, B5, B6, vitamin C, natrium, kalium, fosfor, mangan, seng, zat besi, kalsium, protein, karbohidrat, lemak dan air.

Dengan mengetahui berbagai kandungan pada kecipir, tentunya hal ini akan membatu untuk mengetahui apa saja manfaat kecipir bagi kesehatan. Nah, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

manfaat kecipir

Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai Sumber Tenaga

Untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari tentunya dibutuhkan energi yang cukup bagi tubuh. Kandungan gizi yang ada didalam kecipir dapat dijadikan sebagai sumber energi yang alami, sehingga dengan mengkonsumsi kecipir dalam jumlah yang cukup, dipercaya dapat menambah energi tubuh menjadi lebih optimal.

Anti-oksidan Alami

Manfaat kecipir selanjutnya yaitu sebagai antioksidan alami, karena beberapa kandungan pada kecipir yang berperan sebagai antioksidan mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Maka dengan mengkonsumsi kecipir secara rutin, dapat membantu kita terhindar dari penyakit yang disebabkan dari serangan radikal bebas.

Obat Penambah Darah

Bagi penderita anemia atau kekurangan darah, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kecipir. Karena kecipir dapat menjadi asupan makanan yang membantu untuk memproduksi sel darah merah, sehingga tubuh tidak akan kekurangan darah dan terhindar dari penyakit anemia.

manfaat kecipir

Dapat Menguatkan Tulang dan Gigi

Keuntungan lain dalam mengkonsumsi kecipir yaitu dapat membuat tulang dan gigi kita semakin sehat. Hal ini disebabkan didalam kecipir terkandung kalsium, yang dimana dapat diserap sekaligus menguatkan tulang dan gigi.

Membatu Mencegah Dehidrasi

Terdapatnya kandungan air yang tinggi pada kecipir, membuat sayur ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Sehingga sayur tersebut sangat baik jika dikonsumsi setiap hari selama dalam jumlah yang cukup.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Selain dari manfaat seledri yang dapat menyehatkan mata, kecipir juga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Karena kandungan vitamin A pada kecipir dapat membuat mata anda semakin sehat dan penglihatan semakin tajam.

Khasiat dan Manfaat Kecipir lainnya;

  • Anti Inflamasi
  • Mengobati Penyakit Bisaul
  • Sumber vitamin yang baik untuk tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat kecipir untuk kesehatan, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan anda. Milikilah pola hidup yang sehat dari sekarang, karena itu akan menguntungkan anda di masa depan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *