Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-kacang-polong

Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin kurang begitu mengenal kacang polong atau Ercis, karena ketenaran pasar polong memang tak sepopuler kacang kapri, kacang hijau, kacang tanah, atau pun kacang kedelai.

Pada dasarnya kacang polong merupakan jenis tumbuhan penghasil sayuran yang berupa biji dengan berwarna hijau. Jenis sayuran ini biasanya banyak digunakan sebagai bentuk sajian sayuran, sup, salad, pada sebuah restoran-restoran yang bertaraf Internasional yang ada di Indonesia.

Menurut sejarah, asal mulanya kacang polong yaitu didatangkan oleh penjajah belanda ke Indonesia pada masa penjajahan kolonial belanda. Selain itu, kacang polong kini menjadi salah satu makanan yang cukup digemari, selain rasanya yang manis dan nikmat tapi juga kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

manfaat kacang polong

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa didalam kacang polong terdapat berbagai kandungan seperti, karbohidrat, protein, serat, lemak, folat, niacin, asam pantotenat, riboflavin, thiamin, pyridoxine, vitamin A, C, E, K, tembaga, kalsium, besi, megnesium, selenium, manggan, seng, lutein-zeaxanthin dan karoten.

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat kacang polong bagi kesehatan tubuh, yang perlu kita ketahui lebih dalam.

Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan

Dapat Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat kacang polong yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat. Seperti yang kita ketahui, kandungan omega 3 pada kacang-kacangan sangat baik untuk mengatasi masalah kolesterol, seperti halnya kacang polong yang memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak baik yang mampu menetralisir lemak jenuh penyebab terjadinya kolesterol.

Dapat Meningkatkan Masa Otot

Terdapatnya kandungan protein nabati yang tinggi pada kacang polong bahkan lebih tinggi dari pada sayuran lainnya, sekitar 100 gram kacang polong tersimpan 8 gram protein nabati yang hampir setara dengan 28 gram daging sapi yang mengandung 9 gram protein. Hal tersebutlah yang membuat kacang polong mampu membantu meningkatkan masa otot secara optimal.

manfaat kacang polong

Menjaga Kesehatan Mata

Sebagai sayur yang kaya akan kandungan nutrisi seperti halnya vitamin A, sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata sekaligus sebagai zat antioksidan yang dapat berperan sebagai pertahanan tubuh.

Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Manfaat kacang polong selanjutnya ialah dapat mencegat terjadinya osteoporosi atau pengeroposan pada tulang. Hal ini disebabkan adanya kandungan folat, kalsium dan zat besi yang dapat diserap dan menjadikan tulang sehat, sehingga terhindar dari osteoporosis.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang polong merupakan salah satu sayuran yang mempunyai kemampuan dalam mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung. Kandungan omega 3 yang ada didalam kacang polong merupakan lemak tak jenuh yang berbentuk asam alpha-linolenic yang mampu melawan kolesterol atau lemak jahat penyebab penyakit kardiovaskular seperti halnya penyakit jantung.

Meregenerasi Sel Tubuh yang Rusak

Seperti kita ketahui diatas, kacang polong memiliki kandungan vitamin C dan sekaligus sebagai zat antioksidan yang dapat berfungsi menumbuhkan kembali sel tubuh yang rusak. Oleh karena kemampuannya dalam meregenerasi, sehingga vitamin C tersebut sangat bermanfaat juga untuk kecantikan seperti halnya memperbaiki rambut yang telah rusak.

Manfaat Kacang Polong Lainnya;

  • Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Mengatasi Masalah Pencernaan (sembelit)

Itulah beberapa informasi tentang manfaat kacang polong bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam dalam menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *