Mon. Dec 3rd, 2018
manfaat-kacang-kedelai

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Tubuh Dan Efeknya!

Kacang kedelai merupakan salah satu makanan berjenis polong-polongan yang kaya dengan nutrisi baik untuk tubuh. Makanan yang dapat diolah dengan bergagaimacam bentuk ini kita raskan dalam kehidupan sehari-hari, kita juga wajib mengetahui manfaat kacang kedelai.

Di Indonesia dan berbagai negara lainya menjadikan kedalai sebagai bahan makanan yang bisa dikonsumsi dalm kehidupan sehari-hari. Mulai dari susu, tahu, tempe kecap dan lainya.

Manfaat kacang Kedelai Untuk Tubuh

Mungkin bagi sebagian orang hanya mengkonsumsi kacang kedelai, tapi belum mengetahui manfaat dari kandungan gizinya. Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata dalam kacang delai juga tersimpan khasiat dari mulai vitamin hingga serat yang berlimpah.

Kandungan Gizi Kacang Kedelai: Energi 286 kal, Protein 30,2 g, Lemak 15,6 g, Karbohidrat 30,1 g, Serat 4,9 g, Kalsium 196 mg, Fosfor (506) mg, Besi 6,9 mg, Vitamin A 95 IU, Vitamin B1 0,93 mg, Vitamin C, Air 20 g dll.

Melihat dari kandungan gizi yang ada pada kacang delai, pasti kita sudah dapat memikirkan keuntungan dari mengkonsumsi kacang ini. Berikut adalah manfaat kacang kedelai:

Antioksidan

Manfaat kacang kedelai terdapat dari kandungan senyawa yang disebut isoflavon, senyawa kimia ini diyakini berguna untuk meningkatkan kesehatan. Selain itu juga bertanggung jawab untuk memperbaiki sel-sel dan mencegah kerusakan akibat toksin dan zat berbahaya.

 

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Protein dan isoflavon yang terkandung dari manfaat kacang kedelai mampu mengurangi kolesterol LDL ( kolesterol jahat), serta penurunanan dalam pembekuan darah. Hal ini juga telah diyakini dengan beberapa penelitian yang menyebutkan dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Dalam penelitian juga menunjukan, konsumsi susu yang mengandung 25gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-ratanya.

Mencegah Kanker

Manfaat kacang kedelai juga terletak pada kandungan isoflavon, zat ini bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari jegala penyakit kanker hormon seperti: kanker rahim, kanker payudara dan kanker prostad.

Mmebalikan Efek Endometriosis

Selain itu, manfaat kedelai dalam membantu penundaan aksi estrogen alami pada tubuh yang bertanggung jawab mengurangi rasa sakit selama periode menstruasi ( pendarahan berat) dan beberapa gejala lainya yang dialami oleh semua wanita.

Pencegahan Osteoporosis

Protein yang dihasilkan dari kacang kedelai dapat membantu penyerapan yang lebih baik untuk kebutuhan kalsium pada tulang anda. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat pelapukan tulang dan menghambat kerusakan tulang.

Mengatasi Gejala Menopause

Manfaat kacang kedelai yang mungkin tidak kalian tahu adalah menghambat Menopause. Kandungan isoflavon pada kedelai dapat membantu mengatur estogen dalam tubuh. Penelitian juga menyebutkan, isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa pasnas pada badan wanita menopause.

Untuk Diabetes Dan Sakit Ginjal

Kandungan vitamin dan serat dalam kacang kedelai sangat lah bagus untuk mereka yang menderita penyakit diabetes dan ginjal. Terutama protein dan serat laut yang dapat mengatur kadar glukosa dan filtrasi ginjal yang dapat mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

Menjaga Berat Badan

Kandungan serat tinggi yang ada dalam kedelai ternyata dapat mengatur berat badan. Ini merupakan indeks glisemik rendah (GI) yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat mengontrol rasa lapar dan sangat cocok untuk program diet sehat.

Meningkatkan Kualitas Otak

Manfaat kacang kedelai juga terletak pada kandungan lestin yang mampu memberikan asupan baik bagi kinerja otak anda. Lestin dapat mencegah terjadinya gejala penyakit alzheimer, selain itu kandungan pitosterol membantu meningkatkan kekuatan sel saraf anda.

Menyehatkan Organ Pencernaan

Kandungan serat laut dalam kacang kedelai akan membantu memepercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan. Diet tinggi serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan buang air besar yang normal. Tambahkan kedelai pada menu makan, ini bertujuan mencegah kanker usus, sembelit dan wasir.

Efek Samping Kacang Kedelai Untuk Tubuh Manusia

Pada dasarnya konsumsi kedelai berkepanjangan dan berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang berdampak buruk pada tubuh kita. Meskipun ada beberapa hasil studi penelitian yang pro dan kontra tentang terjadinya efek samping kedelai.

Hal ini memang menjadi pembahasan yang baik dan bermanfaat bagi anda yang senang akan mengkonsumsi kacang kedelai. Berikut adalah penjelasanya.

Pembentukan Batu Ginjal

Selain manfaat kacang kedelai, ada pula efek samping kacang kedelai. Dalam kedelai mentah mengandung zat goitrogens, yang dapat mengganggu aktivitas kelenjar troid pada tubuh. Kacang kedelai juga mengandung oksalat, dimana jika dikonsumsi berlebihan dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Tumor Pada Wanita

Kemudian bagi wanita yang pernah mengalami tumor payudara harus membatasi asupan kedelai, agar tidak memicu munculnya kembali penyakit itu. Namun wanita yang mengalami reseptor estogen atau tumor payudara positif harus menghindari asupan kecang kedelai.

Penyebap Alergi

Efek samping yang paling umum dari mengkonsumsi kacang kedelai adalah alergi. Penderita penyakit asma, penderita demam dan anak-anak yang sangat alergi dengan susu sapi cenderung memiliki alergi dengan produk kedelai.

Gangguan Fungsi Hormon

Ternyata kacang kedelai juaga bisa mengganggu fungsi hormon dalam tubuh. Hormon sangat penting bagi sistem tubuh yang sehat, asupan protein kedelaidan nisoflavon dapat mengurangi dan menghambat fungsi hormon seperti hormon tiroid pada tubuh.

Penyerapan Mineral

Selain itu, kacang kedelai juga tidak terlalu baik untuk penyerapan mineral dalam tubuh kita. Bebebrapa penenlitian menunjukan bahwa kedelai menunjukan bahwa kacang kedelai menghambat penyerapan mineral penting seperti kalium, kalsium, seng dan beberapa vitamin serta mineral.

Beberapa bagian penduduk dunia mengkonsusmsi kedelai secari teratur, akan tetapi kedelai bukanlah makanan bagian makanan dunia barat. Tradisi berbeda yang berbeda yang melibatkan makanan ini telah menyebabkan perbedaan metabolik dalam popolasi dunia.

Berikut adalah kumpulan informasi manfaat kacang kedelai untuk tubuh manusia. Anda juga bisa membaca artikel kesehatan untuk menjalankan pola hidup sehat. Seperti: manfaat daun katuk, manfaat kentang, manfaat buah nangka dan lainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *