Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-jeruk-purut

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan – Sebagian Besar masyarakat Indonesia tentu sudah cukup familiar dengan jeruk purut. Buah dengan nama latin citrus hystrix ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan jenis buah jeruk pada umumnya. Bentuk dari jeruk purut yaitu tekstur bagian kulitnya kasar dan terlihat bergelombang.

Selain bentuknya, jeruk purut ini juga memiliki rasa yang berbeda dengan buah jeruk lainnya. Sehingga buah berwarna hijau tua ini tidak cocok dikonsumsi secara langsung. Buah ini biasanya banyak di gunakan sebagai penyedap olahan makanan seperti dicampurkan pada sayur, sambal, atau jenis olahan lainnya.

Meskipun demikian manfaat jeruk purut ini tidak kalah dengan buah jeruk lainnya. Karena terdapatnya kandungan nutrisi yang pada jeruk purut seperti serat, karbohidrat, gula, vitamin A, vitamin C, kalori, zat besi, kalsium dan lain sebagainya.

manfaat jeruk purut

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan

Meskipun rasanya asam dan tidak terlalu manis, namun buah ini cukup menyegarkan banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh jeruk purut ini. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk purut bagi kesehatan tubuh kita, antara lain;

Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat jeruk purut dapat membantu menjaga daya tahan Tubuh. Tingginya kandungan vitamin C pada jeruk purut dapat berperan sebagai antioksidan alami yang mampu menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat. Terjaganya daya tahan tubuh dengan baik, maka tubuh akan terhindar dari resiko terserang infeksi atau penyakit seperti batuk, influenza atau pun penyakit lainnya. Caranya sangat mudah, cukup mencampur air perasan jeruk purut dengan air hangat dan sedikit madu supaya memperoleh rasa manis, lalu minum sampai habis selagi masih hangat.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Jeruk purut mempunyai kandungan senyawa anti-inflamasi yang sangat berfungsi untuk merangsang sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga manfaat jeruk purut sangat baik untuk sistem pencernaan. Buat anda yang sering mengalami masalah dengan sistem pencernaan seperti susah BAB, buah ini dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat jeruk purut lainnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan rambut kita. Sebab kandungan yang terdapat pada jeruk purut diyakini dapat memelihara kelembaban sehingga masalah ketombe atau rambut rontok dapat teratasi. Caranya sangat mudah, anda cukup melakukan dengan cara membalurkan sari jeruk purut ke bagian akar rambut secara rutin.

manfaat jeruk purut

Untuk Mengobati Gigitan Serangga

Manfaat Jeruk Purut untuk mengobati gigitan serangga. Sering kali kita menganggap remeh terhadap gigitan serangga, padahal tanpa kita sadari banyak penyakit serius hingga berujung kematian yang terjadi akibat gigitan serangga. Oleh sebab itu, untuk tidak menganggap gigitan serangga anda dapat mengoleskan obat seperti salep, lotion, yang terkandung ekstra jeruk purut. Karena kebanyakan jenis-jenis serangga tidak menyukai senyawa lomonene dan sitronelol yang terdapat pada jeruk purut.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Manfaat Jeruk Purut dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi. Terdapatnya kandungan kalsium yang tinggi pada jeruk purut dapat menjadi sumber gizi yang baik untuk menyehatkan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi buah tersebut secara teratur, dapat menjadikan tulang dan gigi anda lebih sehat dan terjaga dari osteoporosis atau pengeroposan pada tulang dan gigi berlubang.

Dapat Mengatasi Peradangan

Tidak sedikit yang menggunakan jeruk purut sebagai alternatif terapi yang sangat efektif buat beberapa beberapa kondisi peradangan seperti arthiritis, reumatik, edama, atau pun jenis peradangan lainnya. Cukup dengan menerapkan minyak yang di ekstrak dari jeruk purut lalu menerapkannya pada bagian yang terasa nyeri atau bisa juga dikonsumsi dalam bentuk olahan jus.

Manfaat Jeruk Purut Lainnya;

  • Untuk perawatan kecantikan kulit wajah
  • Sebagai aroma terapi
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Mencegah penuaan dini
  • Menyehatkan kulit

Nah, itulah informasi tentang manfaat jeruk purut untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan dengan mengetahui khasiat dan manfaat buah yang sehat.

Baca juga; Manfaat Buah Bligo atau Kundur Untuk Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *