Fri. Oct 19th, 2018
manfaat-jeruk-nipis

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Jeruk nipis merupakan salah satu buah jeruk yang memiliki ukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu rumahtangga. Manfaat jeruk nipis biasanya digunakan menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam makanan atau minuman.

Air dari perasan jeruk nipis juga sering digunakan untuk menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan. Tapi siapa sangka, termyata banyak juga khasiat dan manfaat dalam jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Dalam jeruk nipis terdapat sejumlah kandungan vitamin dan serat alami yang membuatnya memiliki sejuta manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari penggunaanya dalam bahan makanan, minuman, kesehatan tubuh dan alternatif kecantikan serta lainya.

Kandungan Gizi Jeruk Nipis: Vitamin, Mineral, Asam sitrat, Flavonoid, Micronutrien, Macronutrien, serat dan kalori.

Selain penggunaannya dalam bahan makanan, ternyata jeruk nipis juga memberikan manfaat yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan seperti:

Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang membuat mulit menghasilkan air liur yang membantu dalam pencernaan utama. Tingkat keasaman alami akan memecah molekul makro makanan. Kemudian, kandungan flavoid senyawa yang merangsang sistem pencernaan, empedu dan asam serta gerak peristaltik.

Hal ini merupakan alasan untuk mengkonsumsi makanan berbahan jeruk nipis, atau acar jeruk nipis saat makan siang atau makan malam yang dilakukan di negara-negara sekitar wilayah India.

Diabetes

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, jeruk nipis atau jenis jeruk lainya dianggap sebagai makanan super untuk penderita diabetes. Terutama kandungan serat laut yang ditemukan dapat mengatur penyerapan tubuh dari gula dalam aliran darah.

Hal ini dapat mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan resiko serius untuk pasien diabetes. Manfaat jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga dalam kadar glukosa.

Penyakit Jantung

Serat laut yang sama dapat membantu penderita diabetes juga menjaga kadar gula darah. Membuah tekanan darah merendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL. Manfaat jeruk nipis juga karena kandunagn serat laut yang berfungsi mengurangi peradangan pembulu darah.

Hal ini merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Cobalah mengkonsumsi jeruk nipis dengan teratur dan dapatkan jantung sehat.

Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang diektrak dari jeruk nipis secara luas juga digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap dan inhaler dikarenakan adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aroma, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

Peradangan Sendi

Manfaat jeruk nipis salah satunya penyebab peradangan sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Asam urat adalah salah satu limbah buang airkecil yang normal akan membersihkan tubuh. Tapi jangan terlalu banyak, itu bisa membuat rasa sakit, peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk.

Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah peralut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi.

Demam

Jika seorang menderita demam, air jeruk nipis dapat mendapat menjadi obat alternatif karena kandungan vitamin C. Buah jeruk pada umumnya mengurangi demam tinggi, pasien harus mengkonsumsi jus lemon dan air. Namun jika demam ringan sampai sedang, jeruk seperti jeruk nipis dapat diberikan untuk mengatasi demam.

Asam Urat

Ada 2 penyebab utama asam urat. Suber pertama adalah karena akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua karena akumulasi racun dalam tubuh, terutama asam urat. Jeruk nipis dapat menentukan mencegah kedua penyebabnya. Ini merupakan sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin C dan Flavonoid) untuk tubuh.

Gangguan Kandung Kemih

Manfaat jeruk nipis juga karena kandungan kelium yang tinggi sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang disimpan dalam kandung kemih dan ginjal. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih.

Anti Kanker

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan zat anti kanker, yaitu flavonoid yang memiliki peranan membunuh dan mencegah kerusakan sel. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Inilah informasi dari manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita. Anda juga bisa membaca artikel kesehatan untuk menjalankan pola hidup sehat. seperti: Manfaat kentang untuk kesehatan, manfaat buah duku, manfaat buah nangka dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *