Fri. Oct 19th, 2018
manfaat-jengkol-1-1

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan – Ketika mendengar kata jengkol, apa yang pertama kali ada di pikiran kalian? Bau, mungkin saja itu yang pertama kali ada di benak kita. Pada dasarnya jengkol memang paling dikenal dengan baunya yang menyengat, sehingga tidak sedikit orang yang enggan untuk mengkonsumsinya.

Disamping baunya yang cukup melekat di mulut, aroma jengkol juga sangat menempel pada urin kita. Karena alasan tersebut banyak orang yang berhenti memakannya, dan selain itu jengkol juga di cap makanan kelas bawah. Padahal kenyataannya harga jengkol pernah menandingi harga daging sapi per kilogramnya beberapa waktu lalu.

Meskipun bau jengkol lumayan menyengat, namun sangat layak jika buah ini memiliki harga jual yang cukup mahal. Karena jengkol telah memiliki segudang manfaat yang luar biasa apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Kenapa disebut buah, karena jengkol termasuk jenis polong-polongan yang buahnya berbentuk gepeng spiral dengan biji buah kulit ari yang cukup tipis. Lalu apa saja manfaat jengkol bagi kesehatan, berikut ulasannya.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Dapat Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena berkurangnya sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah. Didalam jengkol terdapat kandungan zat besi, yang dimana kandungan tersebut sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh kita.

Memelihara Kesehatan Tulang

Memelihara kesehatan tulang supaya tetap kuat dan tidak keropos, dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang tepat. Hal ini dikarenakan, di dalam jengkol terkandung zat kalium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Sehingga dengan adanya kedua zat tersebut, dapat mencegah seseorang terkena osteoporosis (tulang keropos).

Mengatasi Radikal Bebas

Sebagai buah yang banyak mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, dan vitamin C, jengkol sangat berkhasiat luar biasa untuk mengatasi radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A dan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang sangat ampuh dalam menghancurkan radikal bebas penyebab kanker.

Dapat Mencegah Diabetes

Pada jengkol terdapat kandungan zat yang tidak bisa ditemukan pada sayur dan buah lain yaitu asam jengkolat, yang dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes. Zat tersebut berupa kristal yang tidak bisa larut dalam air karena bersifat diuretik, sehingga jengkol sangat tidak dianjurkan bagi mereka mengalami penyakit gagal ginjal.

Menurunkan Berat Badan

Terdapatnya kandungan sera yang cukup tinggi di dalam jengkol, dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengikat lemak yang terdapat pada dinding usus. Dengan demikian memakan jengkol dipercaya dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Mengatasi Jantung Koroner

Sebagai bahan makanan yang bersifat diuretic ( Pembuangan urin menjadi lebih lancar). Sehingga dengan lancarnya pembuangan urun,hal ini sangat baik pagi para penderita penyakit jantung koroner.

Pembentukan Jaringan Dalam Tubuh

Didalam jengkol terkandung protein yang cukup tinggi, sehingga dapat berperan dalam pembentukan jaringan tubuh.

Efek Samping Jengkol

Meskipun manfaat jengkol sangat bayak untuk kesehatan tubuh, ada baiknya juga kita mengetahui efek samping dari mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang berlebihan, antara lain; Menimbulkan bau, dapat menyebabkan jengkolan, dan yang lebih penting lagi sebaiknya bagi para penderita gagal ginjal tidak mengkonsumsi jengkol. karena hal itu akan memperparah kondisi ginjal anda.

Baca juga; Manfaat Kol Untuk kesehatan Tubuh Kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *