Manfaat Jalan Santai Yang Perlu Kita Ketahui

manfaat-jalan-santai

Manfaat Jalan Santai – Jalan santai merupakan salah satu aktivitas olahraga. Meskipun terkesan tidak berat, namun ternyata aktivitas berjalan mampu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Kegiatan ini juga bisa menambah banyak teman dan mempertemukan kita dengan banyak orang. Di Indonesia sendiri, olahraga ringan ini biasa dilakukan oleh banyak orang secara serentak.

Manfaat Jalan Santai yang Wajib Diketahui

Memperlancar aliran darah

Manfaat Jalan Santai

Dengan bermodal jalan kaki, Anda bisa mendapatkan manfaat jalan santai berupa lancarnya aliran darah Anda. Terlebih jika Anda merupakan orang yang jarang bergerak, seperti pekerja kantor. Orang yang jarang bergerak otot dan pembuluh darahnya bisa terganggu.

Dengan hanya berjalan, Anda bisa melemaskan otot yang akan memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan menstimulasi otak untuk berfikir dan menyehatkan jantung. Siapa sangka bahwa kesehatan jantung bisa dijaga dengan hanya berjalan.

Membakar kalori

Manfaat Jalan Santai

Orang yang suka berjalan membutuhkan energi untuk bisa melakukan aktivitas tersebut. Energi dihasilkan dari pembakaran kalori yang berada didalam tubuh. Pembakaran kalori erat kaitannya dengan penurunan berat badan.

Meskipun terdengar sebagai jalan santai, ternyata pembakaran kalori berlangsung untuk hal ini. Dalam kalimat yang sederhana, aktivitas atau manfaat jalan santai mampu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, orang yang berjalan lebih dari 10,000 langkah setiap harinya bisa menurunkan berat badan. Setiap 10,000 langkah, kalori yang terbakar mencapai nilai ratusan bahkan ribuan.

Kalori yang terbakar berkontribusi besar dalam penurunan berat badan dan kesehatan jantung. Jika asupan kalori sudah habis, maka pembakaran akan dilanjutkan dengan lemak. Nah, pembakaran lemak ini akan menyehatkan jantung dan badan Anda.

Menyegarkan badan

Manfaat Jalan Santai

Berjalan untuk berolahraga biasanya memicu gerakan lainnya. Mayoritas orang yang berjalan akan lebih leluasa untuk menggerakan kaki serta tangannya kesana kemari. Sehingga manfaat jalan santai tersebut bisa menyegarkan badan Anda karena beberapa hal.

Sebagai contoh, Anda akan merasa segar karena gerakan tambahan akan melemaskan otot disekitar gerakan. Seperti gerakan tangan kedepan dan kesamping. Setelah melakukannya, Anda pasti merasa segar dan bebas. Apalagi jika itu dilakukan pada pagi hari, udara bersih akan menambah keuntungan terhadap diri Anda.

Jika Anda rajin melakukan olahraga ini, pasti kesehatan Anda akan meningkat. Jalan santai tidak hanya olahraga murah, tapi juga menyehatkan.

Nah, demikianlah ulasan singkat tentang manfaat jalan santai yang penting untuk kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat dan mulailah dari sekarang untuk menanamkan gaya hidup yang sehat!

Jangan lupa baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *