Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-jagung

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita sangat di dominan dengan adanya kandungan nutrisi di dalamnya. Pada dasarnya, jagung sendiri merupakan tanaman yang cukup populer dan banyak ditemui di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Jagung biasanya di konsumsi dengan cara olahan seperti campuran dalam sup, di olah menjadi popcorn, direbus, dibakar atau pun dengan cara  olahan lainnya.

Selain rasanya yang nikmat dan manis hingga membuat jagung disukai oleh banyak orang, jagung juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal tersebut tentunya tak lepas dari adanya kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam. Beberapa kandungan yang terdapat pada jagung antara lain; karbohidrat, serat, kalium, vitamin, asam folat, asam linoleat, beta karoten, protein, mineral dan lain sebagainya.

Sebagai tanaman pangan yang terpenting di dunia setelah padi dan gandum yang kaya akan kandungan gizi, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai Sumber Kalori

Sebagai sayur yang kaya akan kandungan kalori, maka tak heran jika jagung dijadikan sebagai makanan pokok bagi orang di beberapa wilayah. Kandungan kalori pada jagung yaitu 342 kalori dalam 100 gram termasuk jenis sereal yang tinggi, hal ini lah yang membuat jagung sering dikonsumsi untuk memperoleh berat badan dalam waktu yang cepat.

Dapat Mengontrol Diabetes dan Hipertensi

Mengkonsumsi buah dan sayur seperti jagung di percaya dapat membantu pengelolaan insulin dan sangat efektif terhadap hipertensi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan phytochemical fenolik pada jagung. Selain itu, fitokimia yang bersumber dari jagung dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi kemungkinan penderita untuk mempertahankan gaya hidup yang lebih baik lagi.

Melawan Penyakit Kanker

Jagung merupakan salah satu sayuran yang banyak menghasilkan asam fenolik dan senyawa ferulic. yang dimana kandungan-kandungan tersebut berperan sebagai agen anti kanker yang telah terbukti secara efektif mampu memerangi kanker hati dan kanker payudara.

Mengatasi Wasir

Manfaat jagung yang anda konsumsi sangat berkhasiat untuk mengatasi wasir. karena kandungan serat dalam satu gelas jagung memenuhi 18% serat dari jumlah harian yang diperlukan tubuh,sehingga dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti wasir, sembelit atau pun gangguan pencernaan lainnya.

Melindungi Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi jagung secara teratu diyakini dapat membantu memelihara kesehatan jantung kita. Sebab pada jagung terdapat lemak yang memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dan hal itu sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Dapat Mencegah Anemia

Di dalam jagung terdapat vitamin B12 dan asam folat yang sangat berfungsi untuk mencegah anemia. Selain itu, jagung juga mempunyai kandungan zat besi yang merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah, karena kekurangan sel darah juga dapat menyebabkan terjadinya anemia.

Manfaat Jagung Lainnya;

  • Menurunkan Kolesterol LDL
  • Sebagai Sumber Mineral
  • Menguatkan Tulang
  • Baik untuk Kesehatan Mata
  • Baik dikonsumsi selama masa kehamilan

Demikianlah manfaat jagung bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum anda ketahui. Banyaknya khasiat dan manfaat jagung yang akan diperoleh dengan mengkonsumsinya secara teratur dan mulailah dari sekarang untuk memiliki hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *