Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan – Di dalam kehidupan kuliner atau dunia masak-memasak tentunya sudah tidak asing lagi dengan manfaat daun salam, karena daun yang satu ini kerap digunakan sebagai bumbu penyedap olahan masakan. Daun yang menjadi teman dapur ibu-ibu rumah tangga ini, sering dicampurkan dalam bentuk kering atau pun masih segar.

Selain sebagai penyedap masakan, daun salam juga termasuk dalam golongan tanaman herbal yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan yang terdapat didalamnya seperti antioksidan, flavonoid, vitamin A, vitamin C, salisilat, fitonutrien, rutin dan asam caffeic.

Dengan mengetahui berbagai kandungan seperti diatas, tak heran jika daun salam dijadikan sebagai obat herbal yang mampu membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun salam yang bisa didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Masalah Kolesterol

manfaat daun salam

Kolesterol merupakan sebuah metabolisme yang mengandung lemak sterol pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Jenis penyakit yang biasa lebih banyak menyerang orang dewasa ini tidak bisa diaggap remeh, karena jika biarkan dapat memicu berbagai jenis penyakit lainnya. Daun salam sangat berkhasiat untuk menurunkan atau mengobati kolesterol, dengan cara meminum air rebusan daun salam secara teratur selama pengobatan.

Dapat Mengobati Diabetes

manfaat daun salam
Manfaat daun salam untuk mengobati Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam dara. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit yang mematikan seperti stroke, jantung, gagal ginjal, dan lain-lain. Untuk mengobati penyakit diabetes dapat dilakukan dengan memanfaatkan rebusan daun salam. Karena kandungan yang ada di dalam daun tersebut mampu menurunkan kadar gula darah hingga normal.

Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan

manfaat daun salam

Banyaknya kandungan yang terdapat didalam daun salam dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit atau pun diare. Cara pengobatannya pun cukup mudah yakni dengan mencampur beberapa lembar daun salam di dalam masakan, sudah dapat membuat pencernaan menjadi normal.

Dapat Mengobati Asam Urat

manfaat daun salam

Bagi penderita penyakit asam urat, tentunya masalah ini sangat menyiksanya. Asam urat terjadi karena meningkatnya purin di dalam tubuh secara drastis, sehingga menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada bagian sendi. Manfaat daun salam dapat digunakan sebagai obat asam urat secara alami. Cukup dengan merebus 10 lembar daun salam dengan air sekitar 3 gelas, biarkan hingga tersisa 1 gelas lalu saring dan minum selagi hangat.

Sebagai Obat Batuk

manfaat daun salam
Manfaat daun salam sebagai obat batu

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai obat batuk. Caranya pun sangat mudah, yakni cukup dengan merebus air yang dicampur dengan 3-4 lembar daun salam lalu biarkan menguap selama 10 menit. Setelah itu rendam kain dalam air tersebut, peras dan letakkan kain di bagian dada. Dengan begitu batuk ataupun flu dapat mereda hingga sembuh.

Manfaat Daun Salam Lainnya;

  • Meredakan Maag Akut
  • Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
  • Mengobati Gatal-gatal Pada Kulit
  • Pengusir Serangga

Demikianlah ulasan singkat tentang khasiat dan manfaat daun salam dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan, karena bagaimana pun kesehatan sangat penting untuk masa depan.

Baca juga; Manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *