Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-daun-pandan-1-1

Bumbu Dapur Dalam kehidupan sehari-hari, manfaat daun pandan pada umumnya sering digunakan sebagai bumbu (penyedap makanan), pembungkus makanan, pengusir serangga, pengharum ruangan atau pun sebagai peralatan rumah tangga lainnya. Pandan merupakan jenis tanaman genus screwpine yang memiliki aroma khas wangi yang berasal dari Asia Tenggara.

Selain digunakan sebagai kebutuhan rumah tangga, daun pandan atau tumbuhan dengan nama latin Pandanus Ammaryllifolius ini juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Karena kandungan yang terdapat dalam daun pandan mampu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut ini adalah daftar beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat daun pandan
Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

  • Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya ditandai dengan rasa pusing yang cukup berkepanjangan, apabila tidak segera diatasi dapat memperparah kondisi kesehatan tubuh dan berakibat terkena penyakit jantung, stroke serta gangguan pada ginjal. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu, merebus 2 atau 3 lembar daun pandan dengan air secukupnya, biarkan mendidih hingga airnya berkurang, lalu minum 2 kali sehari sampai tekanan darah kembali normal.

  • Dapat Mengatasi Rematik

Manfaat daun pandan juga sangat berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada gejala rematik. Cukup dengan mengiris kecil-kecil 2 atau 3 lembar daun pandan segar, lalu sedu dengan setengah gelas minyak kelapa. Kemudian dinginkan dan gunakan sebagai minyak gosok ke bagian tubuh yang terasa sakit.

  • Menambah Nafsu Makan

Manfaat daun pandan juga bisa digunakan untuk anak-anak yang sering kehilangan nafsu makan. Dengan mengkonsumsi hasil mencampur air rebusan daun pandan dengan madu secukupnya, dapat meningkatkan nafsu makan anak menjadi lebih baik sehingga tubuh tidak akan kekurangan energi.

manfaat daun pandan

  • Bisa Mengatasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur biasanya disebabkan dengan kondisi pikiran yang tidak tenang. Menurut penelitian yang telah dilakukan, ternyata didalam daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang dipercaya mampu membantu menenangkan pikiran dan membuat mudah terlelap.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Sering tidak kita sadari, mengkonsumsi sembarang makanan atau minuman dapat menyebabkan tubuh menyimpan racun yang berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Mengkonsumsi teh daun pandan diyakini dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, dan sangat berkhasiat untuk menghambat zat karsinogen yang memicu penyakit kanker.

  • Menurunkan Demam

Manfaat daun pandan selanjutnya yaitu dapat menurunkan demam. Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan meminum air seduhan daun pandan yang masih segar, maka demam tubuh anda akan segera menurun dengan sendirinya hingga normal.

Manfaat Daun Pandan Lainnya;

  • Sebagai Obat Stres
  • Mengatasi Rambut Rontok dan Menghitamkan Rambut
  • Melancarkan BAB
  • Mengobati Penyakit Kulit (panu, kadas, Kurap)
  • Dapat Mencegah Diabetes dan Penuaan Dini
  • Menangkal Radikal Bebas

Sebagai tanaman yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, tidak ada salahnya jika menambahkan tanaman pandan pada pekarangan rumah anda. Selain mudah menanam atau merawat juga dapat mempercantik halaman rumah.

Nah demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat daun pandan bagi kesehatan yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda dengan mengetahui asupan-asupan yang sehat untuk tubuh.

Baca juga; Manfaat Buah Cherry Yang Harus Anda Ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *