Manfaat Daun Mint Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

manfaat-daun-mint

Bumbu Dapur – Daun Mint – Manfaat Daun Mint yang paling terkenal dan sering kita rasakan dalam sehari-hari yaitu digunakan sebagai olahan campuran makanan atau minuman, salah satu contohnya permen mint. Dimana kita ketahui, daun mint merupakan salah satu jenis daun-daunan yang mempunyai karakter menyegarkan.

Selain bermanfaat sebagai penambah aroma yang segar dan menenangkan, daun mint juga banyak sering digunakan sebagai aroma terapi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya mengatasi hidung tersumbat dan merileksasi tubuh.

Selai itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun mint yang tentunya tak lepas dari adanya kandungan nutrisi didalamnya. Beberapa kandungan tersebut antar lain; vitamin C, provitamin A, kalsium, potasium, fosfor, besi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

manfaat daun mint

Sebagai salah satu tanaman yang mempunyai banyak kandungan nutrisi, tak heran jika daun mint memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut Informasi selengkapnya.

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu tanaman yang memiliki minyak asiri berupa minyak menthol dengan fungsi memberikan aroma wangi dan menyegarkan, selain itu daun mint juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan dalam daun mint terdapat kalsium, zat anti bakterial dan anti inflamasi yang mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi serta baik untuk kesehatan tulang kita.

Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terdapatnya kandungan vitamin C pada daun mint sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh kita. Yang dimana kita ketahui, vitamin C tersebut bekerja sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Menghilangkan Rasa Nyeri

Satu lagi manfaat daun mint yang sangat luar basa adalah dapat membantu menghilangkan rasa nyeri, karena kandungan anti spasmodic yang ada didalam daun tersebut berperan untuk mengendurkan otot yang kaku atau tegang. Maka dengan demikian, daun mint sangat cocok digunakan sebagai pereda nyeri otot yang mengganggu kesehatan tubuh.

manfaat daun mint

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun mint selanjutnya yaitu baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan. Dimana telah terungkap dalam daun mint terdapat kandungan antioksidan dan fitonutrien yang sangat berkhasiat menjaga sistem pencernaan supaya tetap lancar.

Mengobati Demam

Bagi banyak orang, daun mint sangat dipercaya mampu menurunkan demam bahkan membuat suhu tubuh kembali normal. Oleh sebab itu, disebabkan adanya rasa dingin yang diberikan oleh daun mint untuk tubuh. Bahkan sekalipun tubuh berada dibawah terik matahari, daun mint tetap memberikan efek yang berbeda.

Menjaga Kesehatan Mata

Keuntungan lain dari daun mint yang bisa kita peroleh ialah mampu menjaga kesehatan mata, hal tersebut tentunya tak lepas dari tingginya kandungan vitamin A yang ada didalam daun hijau tersebut. Bahkan bagi para penderita rabun jauh sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah, sayur, atau pun makanan lain yang mengandung vitamin A seperti daun mint, wortel, dan lain-lain.

Dapat Melegakan Pernapasan

Daun mint juga di yakini dapat membantu melegakan pernapasan, estraksi daun mint mampu membuka jalanya pernapasan hingga seseorang bisa merasa lebih lega.

Khasiat dan Manfaat Daun Minta Lainnya;

  • Dapat Mengobati Batuk dan Tenggorokan Gatal
  • Menambah Nafsu Makan
  • Mengatasi Alergi dan Menjaga Kesehatan Kulit
  • Mengurangi Stres dan Resiko Kanker
  • Penangkal Radikal Bebas

Itulah beberapa informasi tentang khasiat dan manfaat daun mint yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Untuk menggunakan daun mint sebagai pengobatan, alangkah baiknya dilakukan juga konsultasi kepada dokter demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *