Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-daun-kemangi-1-1

Manfaat daun kemangi yang paling banyak kita ketahui yaitu mampu menghilangkan bau badan, yang biasanya kerap dipicu dengan keluarnya keringat dalam tubuh. Karena pada dasarnya, daun kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap digunakan sebagai lalapan atau pun dijadikan bumbu masakan seperti pepes dengan memberikan aroma khas wangi.

Perlu kita ketahui, selain mampu menghilangkan bau badan ternyata masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dari daun kemangi. Cukup bisa dimaklumi, karena di dalam daun tersebut tersimpan berbagai kandungan seperti protein, lemak, energi, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C yang sudah jelas baik untuk kesehatan tubuh.

Dilihat dari banyaknya kandungan kandungan seperti diatas, sudah terbayang bukan apa saja khasiat dan manfaat daun kemangi. Supaya tidak keliru mengartikanya, berikut ini kami berikan ulasan tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh.

manfaat daun kemangi

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Mampu Mengatasi Penyakit Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa didalam daun kemangi tersimpan senyawa phytochemical, yang dimana diketahui senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk membantu mencegah penyakit kanker pada hati, paru-paru, kulit dan lidah. Selain itu, daun yang sering kita jumpai di hidangan pecel lele ini mampu meningkatkan aktivitas antioksidan dengan menghentikan tumor kanker yang terus berkembang dan menyebar.

Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam daun kemangi terdapat kandungan bernama beta karoten, vitamin A, lutein, zea xanthin dan cryptoxanthin, yang dimana kita ketahui kandungan tersebut sangat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh terlindungi dari serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit cukup berbahaya. Selain itu, beta karoten juga mampu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang sudah rusak.

Memelihara Kesehatan Jantung

Terdapatnya kandungan magnesiun dan beta karoten dalam daun kemangi, sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin guna menjaga kesehatan jantung. Disamping itu, antioksidan yang tinggi pada daun kemangi juga dapat berperan dalam memelihara kesehatan organ jantung.

manfaat daun kemangi

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat daun kemangi selanjutnya yaitu sangat baik untuk kesehatan kesehatan tulang. Hal ini disebabkan, di dalam daun kemangi terdapat kandungan kalium dan fosfor yang sangat berkhasiat untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Dapat Mengobati Sariawan

Mengkonsumsi daun kemangi sangat diyakini dapat mengobati penyakit sariawan, karena daun yang terkenal dengan aroma wanginya ini memiliki kandungan vitamin C, B12 dan zat besi, yang mampu mengatasi masalah sariawan atau pun gangguan tenggorokan.

Bisa Mencegah Batu Ginjal

Keuntungan mengkonsumsi daun kemangi yang bisa anda dapat ialah dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan dengan adanya sifat diuretik yang sangat baik untuk proses detoksifikasi, dan sekaligus mengurangi kadar asam urat didalam darah.

Manfaat Daun Kemangi Lainnya;

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga dari dengan adanya artikel ini dapat kita petik manfaatnya, miliki pola hidup sehat dari sekarang karena itu akan menguntungkan anda di masa depan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *