Thu. Nov 1st, 2018
manfaat-daun-bawang

Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun bawang merupakan bahan pelengkap makanan yang biasanya sering kita jumpai. Memiliki nama latin Allium fistulosum, tanaman ini tumbuh subur di daratan Indonesia. Selain itu, manfaat daun bawang amatlah baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Biasanya, daun bawang digunakan sebagai campuran makanan seperti telur dadar, soto, martabak telur, sop dan lain sebagainya. Kita juga dapat dengan mudah menemukan daun bawang pada pasar tradisional dan moderen.

Manfaat Daun Bawang

Seperti bawang merah dan bawang putih, daun bawang juga memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Tidak hanya itu, kandungan gizi nutrisi yang ada pada daun bawang amatlah baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Kandungan gizi daun bawang: vitamin A, C, D, K, asam float, ribofitamin, zat besi, mineral, flavonoid, lutein, rendah kalori, antioksidan dan beberapa kandungan alami lainya.

Melihat dari kandungan gizi yang melimpah didalamnya, pasti anda sudah dapat membayangkan manfaat daun bawang jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata manfaat daun bawang dapat menjaga kesehatan mata. Bukan hanya wortel, apel merah dan tomat saja, ternyata didalam daun bawang juga mengandung pro-vitamin A yang mencakupi 2,6% dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4% yang dibutuhkan wanita.

Baik Untuk Ibu Hamin

Manfaat daun bawang untuk ibu hamil juga didasari oleh kandungan float yang cukup tinggi. Asam float ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak dalam kandungan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, manfaat daun bawang juga dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Kandungan daun bawang seperti kalsium, vitamin C dan K amatlah baik untuk tubuh kita.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, deman dan flue.

Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang akan membantu tubuh untuk melindungi dan melawan bakterisehingga terhindar dari infeksi. Hal ini merupakan manfaat daun bawang yang sangat bagus.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat daun bawang lainya adalah menyehatkan pencernaan. Daun bawang diyakini dapat menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu juga dipercaya mampu mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Sumber Mineral Dan Kalori

Bahan masakan yang satu ini juga mengandung mineral, terutama zat besi dan kalium. zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah dan sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami anemia.

Manfaat daun bawang dari kandungan kaliumnya dipercaya untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung dan mencegah kram pada otot, seperti manfaat sayuran hijau lainya.

Menyehatkan Jantung

Manfaat daun bawang juga diyakini mampu menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan senyawa cyloalliin yang terkandung didalamnya. Senyawa ini berfungsi untuk mencegah darah agar tidak menggumpal, juga mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis.

Mencegah Diabetes

Selain itu, manfaat daun bawang dipercaya mampu mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan phyto-kimia yang terdapat didalamnya, yaitu allium dan alil disulfida. Kedua zat ini mencegah degenerasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

Mengobati Cacingan

Bagi anda atau anak anda yang menderita cacingan dapat memanfaatkan daun bawang untuk mengatasinya. Anda dapat mengkonsumsi daun bawang dalam makanan, akan tetapi lebih bagus untuk mengkonsumsinya dalam bentuk sop, karena senyawa didalamnya masih utuh.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ternyata manfaat daun bawang juga dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Mendapatkan tidur yang berkualitas akan mengembalikan kebugaran tubuh yang telah digunakanuntuk beraktifitas. Selain itu daun bawang juga dapat mencegah depresi dan mengendalikan homosistein.

Manfaat Daun Bawang Untuk Kecantikan

Selai terkenal manfaatnya dalam dunia kesehatan, ternyata daun bawang juga kerap kali dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Mulai dari bahan untuk perawatan kulit hingga rambut. Berukut adalah ulasan informasi khasiat daun bawang untuk kecantikan.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun bawang untuk kecantikan dikarenakan kandungan zat allicin yang bersifat sebagai anti-bakteri. Jika digunakan pada wajah dapat mengatasi penyebab jerawat. Caranya cukup memotong daun bawang yang telah dibersihkan, lalu haluskan dan oleskan pada bagian wajah.

Mengencangkan Dan Meremajakan Kulit

Manfaat daun bawnag lainya adalah untuk mengencangkan dan meremajakan kulit. Ini berkat kandungan vitamin C yang ada pada daun bawang dan dipercaya mampu mencegah pigmentasi kulit serta mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit selalu tampah lebih muda.

Mencegah Penuan Dini

Selain vitamin C, manfaat daun bawang juga karena kandungan vitamin A, E dan K serta anti oksidan. Kandungan antioksidannya juga sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan, keremajan dan sel – sel kulit kita.

Kesehatan Rambut

Manfaat daun bawang bukan hanya untuk kulit saja, ternya dapat berguna untuk rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan cara membuat masker rambut alami dari daun bawang, dan canya cukup mudah.

  • Ambil daun bawang secukupnya dan potong kecil-kecil.
  • Kemudian rebus dalam 1 gelas air selama 30 menit.
  • Angkat daun bawangnya, masukan dalam air es selama 2 menit.
  • Masukan dalam blender dan tambahkan minyak zaitun, lalu haluskan.
  • Balurkan pada rambut dan kulit kepala hingga merata.
  • Diamkan selama 30 menit sambil dibungkus dengan shower cap atau handuk hangat.
  • Bersihkan  rambut dan kulit kepala dengan shampo dan lanjutkan dengan kondisioner.
  • Lakukan perawan seminggu 2 kali.

Inilah beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi anda yang sedang diet atau menjalankan pola hidup sehat, anda dapat membaca artikel kesehatan seperti manfaat Ubi cilembu, manfaat ubi ungu, manfaat beras merah untuk kesehatan atau manfaat kacang merah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *