Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-tin

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan– Tin merupakan salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dengan cara olahan. Buah ini berasal dari wilayah asia tenggara yang memiliki nama ilmiah Ficus Carica, sedangkan nama buah tin sendiri diambil dari bahasa arab.

Buah yang pohonnya menyerupai pohon beringin ini, paling banyak di jumpai di daerah Afganistan sampai daerah sekitar Balkan. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, sekarang ini sudah banyak negara yang membudidayakan tanaman tersebut termasuk di Indonesia sendiri.

Buah tin termasuk salah satu buah yang kaya akan gizi, sehingga membuat buat ini menjadi buah yang layak untuk di konsumsi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah tin ini disebabkan dari kandungan nutrisi seperti vitamin, protein, mineral, zat besi dan kalsium.

manfaat buah tin

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dikenal sebagai penyakit yang paling mematikan di dunia yaitu penyakit jantung. Oleh sebab itu pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini, salah satu cara mencegah terjadinya serang jantung yaitu dengan mengkonsumsi buah tin. Karena didalam buat tersebut terdapat senyawa kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung adalah tingginya kadar natrium dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Setelah penyakit jantung dinobatkan sebagai penyakit yang berbahaya dan mematikan, selanjutnya adalah penyakit kanker yang gak kalah bahayanya dengan penyakit jantung. Salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker yaitu radikal bebas yang dapat merusak kulit dan membuat sel tumbuh secara tidak normal yang dinamakan sebagai sel kanker.

Untuk membantu mencegah hal tersebut, dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah tin yang kaya akan kandungan polyfenol sebagai antikoksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

manfaat buah tin

Mampu Mengatasi Anemia

Manfaat buah tin yang luar biasa untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat membantu mengatasi anemia atau kekurangan darah. Hal ini dikarenakan buah tin mengandung zat besi yang cukup tinggi yang berfungsi untuk membentuk hemoglobin darah, sehingga dengan begitu anemia dapat teratasi.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Menurut para dokter, bagi para penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Namun spesialnya buah tin meskipun rasanya manis, kandungan glukosa dan fruktosa pada buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah menjadi naik.

Menguatkan Tulang

Selain dari manfaat buah plum sebagai buah yang baik untuk memelihara kesehatan tulang, buah tin juga sangat berkhasiat untuk menguatkan dan mencegah pengroposan pada tulang. Mengkonsumsi buah tin secara teratur, penyakit tulang yang disebut osteoporosis dapat teratasi.

manfaat buah tin

Sebagai Peninggi Badan Alami

Manfaat buah tin yang berfungsi sebagai peninggi badan alami dapat anda peroleh dengan cara mengkonsumsi secara rutin. karena buah tersebut mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, magnesium, dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Tin Lainnya;

  • Mampu mengatasi hipertensi
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam dalam tubuh
  • Dapat mengatasi insomnia/susah tidur
  • Dapat mengobati bisul
  • Dapat mengobati sakit tenggorokan
  • Mengatasi susah BAB atau sembelit
  • Baik untuk mengatasi ambeien
  • merawan kesehatan dan kecantikan kulit
  • Baik untuk ibu hamil

Demikian ulasan singkat tentang khasiat dan manfaat buah tin untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam mengetahui buah yang sehat bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *