Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-buah-sukun

Manfaat Buah Sukun Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat buah sukun bagi kesehatan sangat banyak sekali dan penting untuk kita ketahui lebih dalam. Buah sukun merupakan jenis buah yang tidak memiliki biji, dan cukup populer di tengah masyarakat Indonesia. Buah ini biasanya diolah untuk dijadikan aneka jajanan, bisa dijadikan gorengan atau pun aneka kue.

Di dalam buah yang berasal wilayah pasifik selatan tersebut tersimpan beberapa kandungan gizi diantaranya seperti; karbohidrat, protein, serat, lemak, thiamin, riboflavin, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, sodium, dan lain sebagainya.

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada sukun, membuat buah tersebut mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan serta membantu membantu mengatasi beberapa jenis penyakit pada tubuh.

Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

Mengobati Penyakit Jantung

Buah sukun sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung atau yang lebih berkhasiat untuk tepatnya yaitu daun sukun. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan flavonoid dan sitosterol, pada buah dan daun sukun yang sangat berkhasiat membantu mengobati sakit jantung dan baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Mengurangi Resiko Diabetes

Sebagai buah yang kaya akan kandungan serat, buah sukun sangat diyakini dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah sukun secara teratur dapat membantu mengurangi resiko diabetes, serta kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

Mengobati Susah Buang Air Besar

Tingginya kandungan kadar serat pada buah sukun selain dapat mengurangi resiko diabetes, buah ini juga sangat berkhasiat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, mengkonsumsi buah sukun secara rutin juga dapat mengeluarkan racun yang ada didalam usus sehingga pencernaan anda sehat.

 

Sumber Antioksidan

Menurut hasil penelitian yang terbaru yang dilakukan terhadap buah sukun, ditemukan kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Sehingga dengan mengkonsumsi buah sukun dalam jumlah yang wajar, dapat membuat kulit halus dan bersinar. Maka tak heran jika buah ini banyak digunakan dalam dunia kecantikan.

Makanan Diet

Bagi anda yang sedang dalam tahap diet atau sedang menderita obesitas, sangat di saran kan untuk mengkonsumsi buah sukun ini. karena, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi namun sedikit kalori, sehingga sangat cocok dimasukkan ke dalam daftar menu makanan diet anda.

Sebagai Sumber Omega 6 dan Omega 3

Para ahli kedokteran mengutarakan bahwa, mengkonsumsi buah sukun sangat baik untuk anak yang sedang tahap pertumbuhan dan perkembangan otak besar. Sebab kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat tinggi terdapat dalam buah sukun.

Tidak disangka ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh kita. Semoga dengan adanya artiket ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan dengan mengetahui buah yang baik untuk tubuh. Kumpulan Manfaat Buah Lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *