Manfaat Buah Sirsak yang Perlu Anda Ketahui

manfaat-buah-sirsak

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan – Buah sirsak atau Annona muricata (nama latin) merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Amerika selatan dan Amerika tengah. Di Indonesia sendiri buah sirsak sudah tidak asing lagi, karena selain buah ini sering dijumpai di pasar atau tempat-tempat lain, banyaknya masyarakat Indonesia yang yang melestarikan tersebut.

Buah dengan ciri khas rasanya yang manis sedikit asam dan menyegarkan ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tentunya manfaat-manfaat tersebut tak lepas dengan adanya kandungan gizi dan vitamin yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh.

Beberapa senyawa yang terkandung dalam buah sirsak diantaranya seperti; serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, air, kalsium dan lemak. Untuk mengetahui apa saja manfaat buah sirsak untuk kesehatan, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

manfaat buah sirsak

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah sirsak sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, karena buah ini mengandung senyawa yang bernama acetogenins dan muricapentocin. Dimana senyawa tersebut berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh dari ancaman bahaya penyakit.

Mencegah Kanker

Seperti yang kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan, buah sirsak mengandung Annonaceous acetogenins yang mampu sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, dan lain-lain.

Menjaga Kesehatan Tulang

Terdapatnya kandungan kalsium dan fosfor pada buah sirsak yang juga diperkaya dengan mineral lain seperti tembaga, dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Maka dengan mengkonsumsi buah sirsak, kebutuhan tualang akan nutrisi dapat tercukupi sehingga kesehatan tulang anda akan terjaga.

manfaat buah sirsak

Meredakan Migrain

Sebagai buah yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin seperti riboflavin dan vitamin B, yang dimana kandungan tersebut dipercaya mampu meredakan sakit kepala seperti migrain.

Mencegah Anemia

Mengkonsumsi buah sirsak merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah anemia. Pasalnya, buah ini mengandung zat besi yang mampu meredakan gejala anemia yang dapat menyerang kapan saja.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan tidak sehat seperti sembelit atau pun diare, biasanya terjadi karena sulitnya menyerap gizi dan pencernaan makanan dalam tubuh. Oleh sebab itu, pentingnya asupan vitamin B2 yang terkandung di dalam buah sirsak dapat membantu menjaga membran mokusa usus, dengan begitu sistem pencernaan akan tetap lancar.

Beberapa khasiat buar sirsak lainnya;

  • Meningkatkan konsentrasi
  • Membantu produksi hemoglobin
  • Mengurangi resiko serangan jantung
  • Mengurangi resiko diabetes
  • mencegah katarak
  • Meminimalisir produksi radikal bebas
  • Mengobati kencing anyang-anyangan
  • Mengobati diare bayi

Itulah beberapa informasi tentang manfaat buah sirsak bagi kesehatan, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda dalam megkonsumsi buah yang baik bagi kesehatan tubuh. Baca juga, Kumpulan Artikel Kesehatan Lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *