Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-semangka

Manfaat Buah Semangka – Semangka merupakan jenis buah yang masih termasuk golongan ketimun, serta salah satu buah yang mengandung 90% air. Buah semangka juga dapat dikatakan salah satu buah tropis yang menyegarkan, buah ini paling cocok dinikmati pada saat cuaca panas.

Sebagai buah yang kaya kandungan air, semangka sangat baik bagi tubuh guna untuk membatu kesehatan dan metabolisma tubuh. Selain rasanya yang nikmat, buah semangka menyimpan kandungan serta memiliki beragam manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Seperti yang diketahui, buah semangka ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, fosfor, magnesium, zinc, kalium, dan lain-lain. Dari banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika buah semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita dan berikut ulasannya.

manfaat buah semangka

Manfaat Buah Semangka

Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi buah semangka secara teratur dapat menjaga kesehatan ginjal kita, dikarenakan adanya kandungan kalium pada buah semangka yang mampu membersihkan zat racun dan memperlancar kerja pada ginjal. Selain itu, buah semangka juga dapat mengurangi kadar asam urat yang menyebabkan penyakit ginjal atau biasa disebut batu ginjal.

Pencegah Penyakit Diabetes dan Kanker

Sebagai buah yang kaya akan kandungan air, semangka sangat memberi banyak manfaat bagi setiap orang yang mengkonsumsi terutama pada penderita penyakit diabetes dan kanker. Pasalnya, semangka juga termasuk buah yang rendah gula dan kalori serta banyak mengandung zat-zat yang mampu memperbaiki jaringan yang rusak. Maka bagi penderita penyakit diabetes dan kanker sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah semangka tersebut.

Mencegah Sariawan

Sariawan biasanya terjadi karena keringnya pada bagian rongga mulut karena kurang cairan atau biasa yang kita kenal kurangnya vitamin C. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah semangka dapat bermanfaat mencegah terjadinya sariawan, dikarenakan buah ini mengandung banyak air dan vitamin yang mampu mengatasi bakteri pada tenggorokan dam mulut.

Menurunkan Tekanan Dara

Manfaat buah semangka selanjutnya sangat cocok buat para penderita tekanan darah tinggi, karena dengan mengkonsumsi semangka dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan adanya kandungan magnesium dan kalium pada buah semangka, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menyehatkan Jantung

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli gizi pada buah semangka, selain kaya akan kandungan airnya semangka juga salah satu buah yang banyak menghasilkan likopen. Dimana likopen tersebut berfungsi menjaga kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kolesterol jahat serta mencegat terjadinya kerusakan sel tubuh karena radikal bebas.

Selain banyaknya manfaat kesehatan dari buah semangka yang kita konsumsi, ada juga beberapa dampak negatif jika kita mengkonsumsi semangka terlalu berlebihan seperti; diare, kembung, mual hingga muntah, serta menurunkan darah hingga terasa pusing. Namun banyaknya manfaat positif maupun negatif dari buah semangka, penting juga untuk selalu cek atau konsultasi kesehatan anda pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *