Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

manfaat-buah-plum

Manfaat buah plum untuk kesehatan masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Bahkan dari segi namanya saja buah plum masih asing bagi banyak orang terutama bagi masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan tidak semua orang dapat menjumpai dan merasakan buah plum. Selain harganya yang cukup mahal dan tidak mudah dijumpai ini menjadi alasan bahwa buah tersebut masuk jajaran kelas menegah ke atas.

Buah plum berasal dari negara China yang harganya setara dengan kandungan gizi didalamnya. Bagai mana tidak, buah ini kaya akan kandungan gizi seperti mineral, vitamin, asam askorbat, asam folat, fosfor, fluor, magnesium, zat besi, kalsium, seng dan masih banyak lagi yang lainnya.

manfaat buah plum
Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada buah plum sangat bermanfaat dalam bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya buah-buahan memang wajib dikonsumsi setiap hari demi melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh kita apabila mengkonsumsinya secara teratur.

Memelihara Kesehatan Tulang

Pada umumnya tulang sangat rawan terkena osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. Akibatnya jika seseorang terkena osteoporosis makan orang tersebut tidak akan bisa berjalan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah plum secara teratu. Sebab buah ini kaya akan kandungan kalsium, zat anabolik, flavonoid dan anti resorptive yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang.

Dapat Mencegah Radikal Bebas

Manfaat buah plum sebagai pencegah radikal bebas. Buah plum memiliki banyak senyawa seperti asam neochlorogenic, vitonutrisi, Cryptoxanthin, vitamin C, zea-xanthin dan klorogenat, yang dimana senyawa tersebut sangat efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas berasal dari zat polutan dan beberapa zat berbahaya di dalam tubuh.

manfaat buah plum
Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Mampu Mengatasi Diabetes

Walaupun buah-buahan banyak yang mengandung glukosa alami, namun ada beberapa buah seperti semangka, sawo, mangga, yang tidak bisa dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes. Karena dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Berbeda dengan buah plum yang dimana buah ini dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes, karena buah ini memberikan efek hiperglikemia yang bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Selain itu, buah plum juga bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan trigliserida pada tubuh.

Bisa Mengobati Obesitas

Manfaat buah plum dipercaya mampu mengobati Obesitas. Seperti yang ikta ketahui, Obesitas adalah faktor kegemukan yang biasanya diakibatkan oleh faktor gen dan juga faktor makanan. Dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin sebagai buah yang kaya akan kandungan serat, dapat bermanfaat dalam proses diet dan mengurangi obesitas.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum selanjutnya yaitu dapat membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, ada kandungan serat pada buah plum yang dapat melancarkan sistem pencernaan seperti baung air besar dan membuat usus anda menjadi sehat.

Manfaat Buah Plum lainya;

  • Dapat Mengatasi Flu
  • Dapat Mengatasi Depresi
  • Menyehatkan Wanita Hamil
  • Membuat Sel-sel Dalam Tubuh Menjadi Sehat
  • Membantu Memperlancar Sistem Saraf

Oleh tingginya manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh membuat buah ini sangat layak untuk di konsumsi secara rutin dengan jumlah yang cukup. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan, dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk kesehatan.

Baca juga; Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *