Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-pisang

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Dan Ibu Hamil

Apa yang akan terjadi jika kita mengonsumsi buah pisang setiap hari? Apakah kalian tau manfaat pisang yang dapat dirasakan tubuh kita? Pastinya semua buah – buahan memiliki manfaat serta khasiat yang berbeda akan tetapi bagus untuk tubuh kita.

Pisang merupakan salah satu buah yang dikonsumsi oleh semua kalangan di dunia karena baik untuk kesehatan. Buah pisang setidaknya tumbuh di 107 negara dan menempati peringkat 4 di antara dunia tanaman yang dapat dikonsumsi secara moneter.

Manfaat Pisang Untuk Tubuh

Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah ini termasuk juga dalm menurunkan risiko kanker, penyakit asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kinerja jantung. Rincian gizi yang terdapat dslsm pisang berukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi.

Kandungan Buah Pisang: Vitamin B6 – 0,5 mg, Mangan – 0,3 mg, Vitamin C – 9 mg, Kalium – 450 mg, Serat – 3g, Protein – 1 g, Magnesium – 34 mg, Folat – 25.0 mcg, Riboflavin – 0,1 mg,Niacin – 0,8 mg, Vitamin A – 81 IU, Besi – 0,3 mg

Satu porsi buah pisang memiliki 110 kalori, 1 gram protein dan 30 gram karbohidrat. Selain itu, buah pisang juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral. Asupan buah pisang yang direkomendasikan untuk para orang dewasa adalah 4700 miligram per-hari.

Melancarkan Peredaran Darah

Buah Pisang memiliki kandungan potasium yang sangat baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium akan mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko terkena penyakit stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah pisang untuk membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Ini meruakan makan pengganti jika anda tidak suka wortel.

Senyawa yang terkandung ini menjaga membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya untuk datang ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko gangguan pada mata.

Membantu Usus Dalam Mencerna

Serat yang terkandung dari buah pisang ini sangat membantu dalam mengatasi sembelit, ini merupakan salah satu manfaat pisang. Kalian tidak perlu menggunakan obat, cukup konsumsi saja buah pisang untuk membantu mengatasinya.

Mencampurkan pisang dengan segelas susu dapat membantu mengurangi penyakit usus berbahaya seperti penyakit kanker usus besar. Pisang juga dapat digunakan untuk menahan inflamasi karena mengandung vitamin C.

Menormalkan Kinerja Dan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan dipagi hari ternya memberikan nutrisi yang bisa membantu kinerja fungsi jantung. Buah yang mengandung elektrolit kalium (mineral) ini akan langsung masuk menuju aliran darah lewat dinding usus jika dikonsumsi.

Proses ini terus terjadi dengan mengalir di seluruh sistem tubuh, untuk membuat jantung tetap bekerja atau berdetak. Jika kalian banyak kekurangan kalium, kinerja jantung akan melemah dan membuat kalian terkena penyakit jantung atau lebih parah lagi.

Mencegah Diabete

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1 atau tingkat perta yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan lipid serta insulin tubuh.

Mengatasi Diare

Jenis makanan seperti apel dan pisang telah direkomendasikan untuk perawatan diare. Karena pada saat diare, kita akan merasa lemas akibat cairan tubuh yang terus berkurang. Disarankan untuk mengkonsumsi Elektrolit seperti kalium.

Penangkal Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa kelompok seperti Imperial College London menemukan bahwa anak -anak yang mengkonsumsi pisang satu kali sehari berpeluang 34% untuk tidak terkena penyakit atau gangguan pernapasan seperti asma.

Animea

Kandungan yang terdapat pada buah pisang salah satunya adalah FE ( zat besi), yang akan menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita dara rendah atau yang kekurangan darah. Cpbalah untuk konsumsi 2/3 buah pisang setiap hari.

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi yang berguna untuk tubuh. Pisang menjadi salah satu buah yang mengandung asamfloat untuk mencegah kecacat bawaan pada sang bayi saat dalam kandungan.

Sekitar 80-100 % kalori terkandung dalm pisang, hal ini sangat diperlukan untuk sel sel baru yang akan tumbuh pada janin.Selain itu pisang juga mengandung morning sickness saat hamil serta menjaga kagar gula dalam darah untuk tetap stabil.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Otak

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa pisang selalu menjadi menu sarapan atau menu penutup saat makan di beberapa negara maju. Campuran potongan pisang dengan sereal akan menghasilkan sumber kalori yang dapat mewakili aktivitas.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan juga mengungkapkan hasil yang cukup mengejutkan, ternyata pelajar yang sarapan dengan pisang menambah konsentarsi saat mereka belajar.

Itulah beberapa manfaat pisang untuk kesehatan tubuh, kesehatan otak dan untuk ibu hamil. Kaliam juga bisa membaca kumpulan artikel kesehatan atau berkonsultasi langsung kepa dokter. Marilah mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi buah pisang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *