Mon. Dec 3rd, 2018
manfaat-buah-pala-1-1

Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Bumbu dapur – Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan – Pada umumnya pala banyak dikenal sebagai bumbu dan penyedap masakan, maka tak heran jika khasiat dan manfaat buah pala banyak orang yang tidak tidak mengetahuinya. Pala termasuk buah yang cukup langka di Indoneseia, karena tumbuhannya cukup jarang bahkan hampir tidak bisa dijumpai di seluruh wilayah di Indoneseia.

Namun taukah anda, buah pala yang selama ini digunakan sebagai bumbu masak tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tentu hal ini tidak lepas dari adanya kandungan nutrisi atau pun senyawa kimia yang ada di dalam buah pala. Beberapa kandungan tersebut antara lain; protein, lemak, karbohidrat, minyak atsiri, zat samak, zat pati, elemisi, enzim lipase, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, C dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Pala Bagi kesehatan

Terdapatnya kandungan yang lengkap membuat buah pala memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari buah pala.

Mengobati Masuk angin

Masuk angin dapat teratasi dengan mengkonsumsi minuman sehat dari buah pala, atau bisa juga dilakukan dengan meminum air rebusan dari buah tersebut. Hal ini disebabkan adanya kandungan minyak atsiri pada buah pala yang sangat ampuh untuk menghangatkan badan dan mengobati perut kembung atau masuk angin.

Dapat Meredakan Asam Lambung

Asam lambung sering kali ditandai dengan munculnya rasa mual dan juga sakit di dalam perut. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengkonsumsi buah pala yang sudah dihaluskan di campur dengan 100 ml air hangat, karena dalam buah pala mengandung zat saponin yang berfungsi untuk meredakan asam lambung dalam tubuh.

Membantu Mengatasi Insomnia

Manfaat buat pala selanjutnya yaitu dapat membantu anda mengatasi penyakit susah tidur atau insomnia. Akibat susah tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, sehingga berbagai macam penyakit akan mudah menyerang kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan bagi penderita insomnia untuk mengkonsumsi air rebusan buah pala sebelum tidur.

Mengontrol Tekanan Darah

Sebagai buah yang kaya akan kandungan kalium dan mineral, buah pala diyakini dapat membantu membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Kalium dan mineral tersebut bekerja dengan cara meregangkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi dan mengontrol tekanan dalam diri seseorang.

Bisa Meningkatkan Sistem Imun

Terdapatnya vitamin C yang tinggi pada buah pala sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. sehingga tubuh akan terhindar dari serangan virus, bakteri atau radikal bebas yang dapat menyebabkan sakit.

Mampu Mengatasi Diabetes

Setelah lakukan penelitian pada buah pala, ternyata terdapat senyawa kimia yang bernama maceligna untuk membuat obat anti diabetes. Dimana senyawa kimia tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta mencegah komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

Manfaat Buah Pala Lainnya;

  • Mengobati hipertensi
  • menghilangkan bau badan
  • Dapat menghilangkan stres
  • Menyehatkan tulang
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mencegah leukimia
  • Melancarkan pencernaan
  • Menambah nafsu makan
  • Mencegah anemia

Itulah informasi tentang manfaat buah pala bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Milikilah pola hidup yang sehat karena itu akan menguntungkan anda dimasa depan nanti.

Baca juga ; Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *