Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat-buah-mengkudu

Manfaat buah mengkudu dalam bidang kesehatan dan kecantikan banyak yang telah terbukti secara medis. Dalam kata lain, manfaat buah yang tidak enak dimakan ini telah nyata adanya. Meskipun tidak enak dimakan secara langsung karena rasanya yang sangat pahit, namun ternyata buah mengkudu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kita.

Manfaat Buah Mengkudu yang Wajib Diketahui

Manfaat untuk kesehatan

manfaat buah mengkudu

Karena bukan merupakan buah konsumsi, mengkudu banyak diolah menjadi obat dalam bentuk bubuk, pil maupun tablet. Buah mengkudu sendiri mempunyai manfaat dalam bidang kesehatan karena mengandung zat-zat penting.

Salah satu manfaat buah mengkudu adalah sebagai antioksidan. Dalam penelitiannya, antioksidan dalam buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang lebih baik dari buah lain. Antioksidan yang baik akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Buah mengkudu juga mengandung scolopetin. Zat ini merupakan senyawa yang berfungsi untuk mengatasi peradangan serta beberapa jenis alergi. Tidak heran jika banyak orang menggunakan mengkudu untuk mengatasi peradangan.

Manfaat buah mengkudu dalam bidang kesehatan lainnya adalah sebagai pembantu pemulihan sel-sel. Hal ini bisa terjadi karena mengkudu mengandung zat terpenoid. Dengan membantu proses sintesis organik didalam tubuh, maka manfaat tersebut bisa didapatkan.

Manfaat untuk kecantikan

manfaat buah mengkudu

Buah dengan bau yang menyengat ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Beberapa kandungan gizinya sangat baik dalam membantu untuk tampil cantik.

Salah satu manfaat terbesar dari buah mengkudu dalam bidang kecantikan adalah mencegah penuaan dini atau osteoporosis. Kandungan gizi dalam buah mengkudu mampu meningkatkan penguatan tulang.

Buah mengkudu juga kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E. vitamin-vitamin tersebut berperan dalam mempercantik kulit. Vitamin A dan vitamin C mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit. Sedangkan vitamin E berperan untuk memperhalus dan mengencangkan kulit Anda. Cukup dengan mengoleskan tumbukan buah mengkudu ke kulit Anda, maka kesehatan dan kecantikan kulit akan terjaga.

Dengan banyaknya manfaat buah mengkudu untuk kesehatan maupun kecantikan, penggunaan buah mengkudu sangat direkomendasikan baik untuk kaum pria maupun wanita.

Lihat Juga ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *