Manfaat Buah Mengkudu yang Perlu Anda Ketahui

manfaat-buah-mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu – Buah mengkudu merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, dengan ciri buahnya berbentuk lonjong dan berbintik pada permukaan luar. Selain itu, buah ini juga memiliki rasa dan aroma yang disukai banyak orang.

Buah dengan nama latin Morinda citrifolia ini, di Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi terutama bagi kalangan masyarakat pedesaan, karena tanaman ini banyak tumbuh liar dan buahnya yang sering digunakan sebagai obat herbal.

Meskipun rasa dan aroma buahnya kurang begitu enak, namun buah mengkudu ini memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa kandungan zat didalamnya, diantaranya seperti morindone, morinda diol, morindin, sorandiyiol, metil asetil, asam kapril dan damnacanthal.

manfaat buah mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan mengetahui adanya zat yang terkandung di dalam buah mengkudu seperti diatas, berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu untuk pengobatan tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dapat Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi kronis yang dimana tekanan pada dinding arteri meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, buah mengkudu sangat dipercaya dapat mengobati hipertensi dengan cara; mencampurkan air dari 2 buah mengkudu matang dengan satu 1 sendok makan madu, lalu minum selama dua kali sehari.

Bisa Juga Menyembuhkan Batuk

Manfaat buah mengkudu selanjutnya yaitu dapat membantu menyembuhkan batuk. Dengan cara meracik ramuan yang terdiri dari 2 buah mengkudu di campur segenggam daun poo/bujanggut, kemudian di direbus dengan air secukupnya, lalu saring airnya dan minum setiap pagi dan sore.

Mampu Mencegah Kanker

Khasiat lain dari buah mengkudu yaitu sebagai pencegah penyakit kanker. Buah mengkudu adalah salah satu buah anti kanker yang mampu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Jenis penyakit kanker yang dapat di cegah oleh buah mengkudu yaitu kanker serviks.

manfaat buah mengkudu

Baik Untuk kesehatan Tulang

Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit, buah mengkudu juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Hal ini disebabkan, adanya kandungan metil asetil, asam kapril dan morindone yang berfungsi memelihara dan meningkatkan kekuatan tulang dalam tubuh.

Mengatasi Sakit Perut

Dengan mengkonsumsi ramuan dari buah mengkudu yang diproses dengan cara direbus dan dicampur dengan garam, Buah ini sangat berkhasiat untuk mengatasi sakit perut sekaligus baik untuk sistem pencernaan.

Dapat Mengatasi Sakit Kuning

Cukup dengan menyediakan 2 buah Mengkudu yang telah matang di pohon dan 1 potong gula batu. Cara memprosesnya, buah mengkudu dihancurkan dan diperas untuk diambil airnya, lalu dicampur dengan madu secukupnya sampai merata. Kemudian saring airnya dan diminum 2 hari sekali.

Untuk Mengatasi Kulit Bersisik

Sebagai buah yang banyak mengandung zat yang baik untuk tubuh, tak heran jika buah ini juga banyak digunakan untuk kecantikan yaitu menghaluskan kulit. Dengan cara menggosokan buah mengkudu yang matang di pohon ke bagian kulit lalu diam kan selam 6-10 jam dan bilas hingga bersih, dipercaya dapat membuat kulit tampak halus serta mengatasi kulit yang bersisik.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi tubuh yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh kita.

Baca juga; Manfaat Buah Strawberry bagi Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *