Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-buah-matoa

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan – Pohon matoa merupakan jenis tanaman yang berasal dari Papua, tapi sekarang sudah banyak yang menjual bibit matoa secara online. Budidaya matoa awalnya selain di Papua ada juga di Sulawesi, Maluku, hingga Papua New Guinea. Rasa buah matoa cukup manis, memiliki rasa yang menyerupai buah kelengkeng dan rambutan, namun aromanya seperti buah durian.

Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, buah ini memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai khasiat dan manfaat buah matoa, tentunya sangat berpengaruh dengan adanya kandungan nutrisi di dalamnya.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam matoa antara lain; air, vitamin C, vitamin E, kalsium, glukosa dan lain sebagainya.

Khasiat dan Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang terdapat pada buah matoa, berikut ini kami berikan ulasan tentang kegunaan atau manfaat buah matoa untuk kesehatan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah matoa sangat dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Hal ini dikarenakan, di dalam buah ini terkandung serat yang tinggi sehingga sangat membantu memproses makanan yang anda konsumsi supaya mudah dicerna dan dikeluarkan dari tubuh dengan baik.

Sebagai Sumber Antioksidan Alami

Manfaat buah matoa selanjutnya sebagai antioksidan. Sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C, yang dimana vitamin tersebut menawarkan sifat antioksidan dan pastinya sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Oleh karena itu, buah matoa dapat berfungsi sebagai sumber antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Mencegah Jantung Koroner

Memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan merokok, dapat menyebabkan terkena penyakit jantung koroner.

Cara mencegahnya, cukup dengan dengan mengganti cemilan anda dengan matoa. Sebab, vitamin E yang ada di dalam matoa dapat berperan menjaga kesehatan pembuluh arteri, sehingga anda akan terhindar dari gangguan jantung koroner.

Mengatasi Wasir

Wasir atau ambeien merupakan jenis penyakit yang menyerang tubuh pada bagian pribadi, selain menyakitkan penyakit ini juga cukup membuat malu.

Namun, anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi matoa secara teratur, karena senyawa yang terkandung dalam buah ini sangat ampuh untuk mengatasi jenis penyakit tersebut.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Selain berkhasiat untuk kesehatan, manfaat buah matoa juga banyak digunakan untuk kecantikan. Sebab dengan mengkonsumsi buah tersebut dalam jumlah yang tepat, dapat membantu regenerasi sel-sel kulit yang telah mati diganti dengan sel baru, sehingga kulit akan nampak lebih sehat dan cerah.

Menetralisir Kanker

Keuntungan selanjutnya yang akan anda dapat dari mengkonsumsi matoa yaitu terhindar dari penyakit kanker. Karena, sel kanker yang akan menyerang tubuh dapat di netralisir oleh senyawa yang terdapat didalam buah matoa.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Buat anda yang sedang mengalami luka luar, sangat sarankan untuk mengkonsumsi matoa karena sangat khasiat untuk mempercepat penyembuhan luka hingga sehat seperti sedia kala.

Menghilangkan Stres

Bukan hanya bermanfaat untuk pengobatan fisik, namun buah ini juga sangat berkhasiat untuk kesehatan mental. Sebab, dengan mengkonsumsi matoa dapat mencegah dan menghilangkan stres yang mungkin sering anda alami.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang khasiat dan manfaat buah matoa. Semoga bermanfaat dan milikilah pola hidup yang sehat, karena itu akan menguntungkan anda di masa depan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *