Manfaat Buah Markisa yang Perlu Anda Ketahui

manfaat-buah-markisah-

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan – Markisa merupakan salah satu jenis buah yang tanamannya merambat, buai ini memiliki ciri khas dengan rasanya yang asam dan sedikit manis. Buah markisa berasal dari daerah Amerika selatan, dan biasanya paling banyak ditemui di daerah pegunungan yang sejuk.

Di indonesia sendiri saat ini sudah banyak yang membudidayakan markisa, sebagai salah satu bahan dasar sebuah produk minuman seperti sirup dan minuman kemasan lainnya. Pada dasarnya buah markisa ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan pada buah markisa yang paling dominan yaitu vitamin C, selain itu buah ini juga banyak mengandung gizi seperti niasin, karpoten, zat besi, kalsium, asam nitrat dan fosfor. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari mengkonsumsi buah markisa.

manfaat buah markisa

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

Melawan Sel Kanker

Setelah dilakukan penelitian terhadap buah markisa, ternyata buah ini mengandung zat fitokimia yang mampu melawan sel-sel kanker pada tubuh. Maka sebagian dokter mengutarakan, bahwa buah markisa dapat membatu penyembuhan penyakit kanker dengan penyajian sebagai obat kanker.

Mengatasi Insomnia

Buat anda yang memiliki kendala susah tidur atau dilanda insomnia, buah markisa dapat membantu anda mengatasi insomnia yang melanda anda. Hal ini sebabkan buah markisa efek yang dapat membuat anda tenag dan rileks, sehingga dengan meminum segelas jus markisa sebelum tidur dapat membuat anda terhindar dari gejala insomnia.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah markisah bagi kesehatan tubuh sangat membantu memperlancar dan menyehatkan sitem pencernaan. Dikarenakan buah markisa telah mengandung serat yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah markisa secara teratur dapat memperlancar pencernaan serta usus menjadi bersih dan sehat.

manfaat buah markisa

Baik Untuk Penderita Asma

Buah markisa sangat cocok dikonsumsi bagi penderita asma, karena zat yang terkandung dalam buah markisa dapat menenangkan serangan asma. Selain itu, buah ini juga memiliki sifat yang dapat membolkir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Sebagai Sumber Nutrisi yang Baik

Sebagai buah yang banyak mengandung zat-zat baik, sehingga membuat markisah dijadikan sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, satu buah markisah 100 gram mengandung 30 mg vitamin C dan 1275 IU vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata.

Mengoptimalkan Sistem Imunitas

Tingginya vitamin C, karoten dan crytoxanthin yang terkandung di dalam buah markisa, sangat baik untuk menjaga dan mengoptimalkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan terjaga dari serangan virus atau radikal bebas yang dapat menyebabkan sakit.

Manfaat buah markisah yang beragam seperti diatas, tidak dapat menyisihkan perannya yang amat penting bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara teratur. Mulailah biasakan mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti markisa, atau menambah pengetahuan anda tentang kesehatan dengan membaca Artikel Kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *