Mon. Dec 3rd, 2018
manfaat-manggis-2

Manfaat Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Manusia!

Matjurnal – Manfaat manggis sangatlah banyak dan fenomenal, sampai-sampai ada yang menyebutnya sebagai ratunya buah karena khasiatnya memang banyak. Dari manfaat buah manggis dipercaya dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Menurut dari hasil penelitian yang telah dilakukan telah mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulitnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang amat bermanfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat manggis tidak hanya memiliki zat xanthones, dalam buahnya juga terkandung polikasanida, polyphenols dan cathechins yang merupakan salah satu bahan antikulat serta anti bakteri. Xanthones adalah salah satu komponen aktif utama buah manggis.

Kandungan Buah Manggis: Vitamin C, BI & B2, Zat besi, niasin, protein, serat fiber, kalsium, dan lainnya.

Manfaat buah manggis yang perlu kita ketahui adalah dapat mencegah dan mengobati kanker, manggis juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Ini merupakan salah satu manfaat buah manggis.

Mencegah Kanker

Manfaat dari manggis untuk mencegah kanker memang sangat luar biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker dapat diobati dengan memanfaatkan buah ini. Penelitian telah membuktikan, bahwa manggis dapat mencegah berkembangnya tumor karena senyawa garcinone E.

Mencegah Infeksi

Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini juga dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka. Zat Xanthones dari manggislah yang memiliki peranan dalam pertumbuhan bakteri.

Mengurangi Rasa Sakit

Selain memiliki rasa yang manis, buah manggis juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti peradangan, kerusakan sendi, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga atau luka ringan.

Antioksida

Manfaat selanjutnya dari buah manggis adalah menghasilkan antioksida yang sangat tinggi. Kandungan anti oksida dalam buah manggis dapat membantu radikal bebes yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun, toksin yang disebabkan oleh polusi.

 

Baik untuk Tekanan Darah Tinggi

Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, buah manggis ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam buah manggis terdapat kandungan serat dan vitamin serta mineral sangat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh pada manusia.

Manfaat manggis memang terbilang cukup banyak dan mungkin bisa menjadi salah satu obat pilihan untuk penyakit anda. Namun apapun itu pastikan bahwa anda berkonsultasi kepada dokter atau membaca artikel kesehatan yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *