Manfaat Buah Loofah dari Vietnam Yang Perlu Diketahui

manfaat-buah-loofah-1-1

Buah Berbentuk Payudara – Manfaat buah loofah dari Vietnam memang masih banyak belum diketahui oleh banyak orang, namun pada kesempatan kali ini matajurnal akan membantu mengulas tentang khasiat dan manfaat buah loofah. Loofah merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari negara Vietnam yang berbentuk cukup unik. Buah mirip payudara ini berwarna merah dengan bagian ujungnya membesar dan terdapat tongolan hitam kecil yang mirip dengan puting payudara.

Buah yang memiliki nama ilmiah Luffa Aegyptiaca ini, di daerah asalnya sering konsumsi dalam bentuk bahan olahan atau bahan masakan. Selain memberikan rasa yang nikmat, khasiat dan manfaat buah loofah ini tidak bisa di anggap remeh. Nah, langsung saja kita simak ulasannya berikut.

manfaat buah loofah

Manfaat Buah Loofah Bagi Kesehatan

Dapat Mengobati Sembelit

Buah mirip payudara ini sangat berkhasiat untuk mengobati sembelit atau susah buah air besar. Hal ini disebabkan adanya kandungan serat yang tinggi dalam buah berbentuk payudara ini, yang dimana serat tersebut mampu menyembuhkan sembelit dan tentunya amat sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh.

Menyembuhkan Batuk

Didalam buah mirip payudara ini terdapat banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat berkhasiat sebagai obat batu. Dengan cara merebus buah loofah, kemudian air rebusan buah tersebut yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk, lakukan secara teratur selama proses penyembuhan.

Membantu Mencerahkan Kulit

Tak sedikit orang yang menggunakan buah mirip payudara ini sebagai bahan kecantikan, karena buah yang berwujud sedikit aneh ini dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit.

Dengan cara memanfaatkan alat scrub yang terbuat dari buah loofah yang sudah dikeringkan, dimana alat scrub tersebut dapat mengangkat sel kulit mati dan memperkecil pori-pori pada kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, bisa dilakukan secara secara teratur namun jangan terlalu kasar menggosoknya karena bisa jadi kulit malah terluka.

manfaat buah loofah

Memperlancar Produksi Asi

Mengkonsumsi buah mirip payudara ini sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui. Karena memanfaatkan buah ini sebagai asup dapat mempermudah dalam memproduksi Asi.

Mengatasi Sakit Persendian

Manfaat buah loofah selanjutnya yaitu dapat membantu mengatasi sakit pada bagian persendian. Hal ini ungkapkan oleh sebagian riset yang telah membuktikan bahwa, mengkonsumsi buah mirip payudara ini dengan cara di rebus atau dimasak serta diminum airnya, dapat mengobati rasa sakit yang terjadi pada bagian sendi.

Sebagai Spons Mandi

Manfaat buah loofah yang satu ini terbilang cukup unik, karena buah loofah dapat bermanfaat sebagai spons mandi. Awal mulanya buah mirip payudara ini akan diproses terlebih dahulu yakni dibersihkan dan hanya disisakan seratnya saja yang dinamakan xylem. Nah, xylem inilah yang nantinya akan diproduksi sebagai bahan penting dalam pembuatan spons mandi.

Efek Samping Buah Berbentuk Payudara

Disamping banyaknya manfaat yang diperoleh dari buah mirip payudara ini, terdapat juga beberapa efek samping dari buah loofah antara lain seperti;

  • Menyebabkan kepala pusing,iritasi, dan kurang fokus jika mengkonsumsi buah mirip payudara ini dalam jumlah yang berlebihan
  • Memperparah bagi para penderita mimisan

Ternyata selain bentuknya yang unik seperti payudara, buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Itulah beberapa ulasan tentang manfaat buah loofah yang mungkin belum diketahui oleh bayak orang, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca juga;

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *