Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-buah-lemon-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan & Kecantikan

Bagi sebagian orang, buah lemon menjadi salah satu farian jeruk yang paling banyak digandrumi karena rasa dan khasiatnya untuk tubuh. Manfaat buah lemon begitu banyak, mulai dari mengatasi berbagai masalah pada tubuh dan kesehatan kulit.

Manfaat buah-buahan memang begitu banyak, mulai dari menjaga dan melindungi, sampai merawat dan memper cantik diri kita. Asalkan dikonsumsi secara teratu, tepat dan tidak berlebihan.

Manfaat Buah Lemon

Buah lemon termasuk dalam salah satu jenis farian buah dalam kategori jeruk. Akan tetapi, lemon memiliki bentuk yang lonjing, warna kuning, dan rasa asam menyegarkan. Buah yang banyak mengandung air ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi Lemon: Vitamin C, senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin, vitamin dan mineral penting lain seperti vitamin B6, potasium, zat besi, magnesium, kalsium, dan serat pangan

Melihat dari isi kandungan nutrisi yang berada pada buah ini, pastinya anda telah membayangkan manfaat apa saja yang akan anda peroleh dari mengkonsusmsi buah ini dengan rutin dan teratur.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah lemon jika dikonsumsi secara teratur dalam bentuk jus ternyata dapat melancarkan sistem pencernaan. Lemon meningkatkan gerak peristatik di perut, membantu buang air besar secara dan membuang limbah tubuh dengan baik.

Lemon juga memiliki sikap seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga menjadi minuman yang baik dikonsumsi setelah makan malam atau makan siang.

Menstabilkan Tekanan Darah

Selain itu terdapat manfaat buah lemon dari kandungan kaliumnya. Kalium dapat mengonterol tekanan darah yanggi, pusing dan mual, karena memberikan sensasi menenangkan untuk pikiran dan tubuh. Maka dari itu buah lemon juga sering digunakan untuk mengurangi stres mental dan depresi.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tidak mau kalah dnegan tanaman herbal yang dapat mengatasi batuk, manfaat buah lemon ternyata dapat mengatasi penyakit tonsilitis (tenggorokan). Cukup dengan berkumur dengan air hangat yang telah ditambah kan dengan perasan air jeruk lemon.

Hasil perasan atau jus dari buah lemon juga bermanfaat untuk menangkal batuk, pilek dan asma. Caranya dnegan mengkonsumsi jus buah lemon dengan cam puran madu.

Menghentikan Pendarahan

Manfaat buah lemon juga dapat menghentikan pendarahan dari dalam, kandungan antiseptik didalam buah lemon maupun menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Contonya, celupkan kapas kecil dalam perasan lemon dan letakan kedalam hidung yang berdarah.

Merawat Kesehatan Mulut

Selain itu khasiat dan manfaat buah lemon dapart menjaga kesehatan mutut. Kandungan vitamin kompleks dan seratnya dipercaya mengatasi sakit gigi, bahkan juga dapat menghilangka rasa sakit. Selain itu lemon juga dapat menghilangkan bau mulut.

Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Manfaat buah lemon yang disajikan dalam bentuk jus dapat membersihkan darah untuk membuang racun. Ia juga memiliki 22 senyawa anti kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Setelah radiasi dan kemo trapi, ia bisa menghilangkan jejak sisa radiasi dan memurnikan darah.

Vitamin C dan Berat Badan

Beberapa penelitian yang telah dilakukan membukltikan bahwa, asupan vitamin C membantu tubuh memicu reaksi kimia yang dapat memecah lemak dalam tubuh menjadi energi. Manfaat bua yang mengandung vitamin C seperti lemon menjadi alasan efektif untuk dikonsumsi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Potongan jeruk lemon juga diyakini dapat mengatasi masalah pada kulit. Gososkan potongan lemon pada bagian kulit sperti siku, tumit dan lutut, diamkan hingga meresap kekulit dan kering. Manfaat buah lemon juga dapat mempercantik kulit anda.

Masker Lemon

Selain itu, manfaat buah lemon juga dapat digunakan untuk masker pada wajah. Sari sejuk lemon dicampur dengan madu, ddpat dijadikan sebagai masker. Gunakan secara rutin, manfaat buah lemon dan madu ini bisa menghasilkan kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah.

Memperkecil Pori-pori Kulit Wajah

Wajah yang terlihat memiliki pri-pori pastinya mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian oleskan pada wajah, tunggu hingga meresap dan bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin setiap pagi.

Mengurangi Ketombe

Sari jeluk lemon yang dicampurkan dengan minyak zaitun hangat, pijat kepala mu secara perlahan dengan campuran lemon tadi. Setelah itu diamkan 15 menit, lalu bilas rambut dengan air dan gunakan conditioner rambut, maka kalian akan dapat rambut yang tidak berketombe.

Inilah seputar manfaat buah lemon untuk kesehatan yang mungkin jarang diketahui. Untuk menjalankan pola hidup sehat, ada baiknya anda membaca artikel kesehatan. Seperti manfaat buah buah coklat untuk kesehatan dan manfaat apel hijau untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *