Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-buah-kurma

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan – Kurma adalah jenis buah yang berasal negara timur tengah dan masih tergolong kedalam tanaman palma. Buah ini terkenal dengan rasanya yang manis dan bentuknya hampir mirip dengan buah kelapa sawit. Di indonesia sendiri buah kurma sudah tidak asing lagi, kurma biasanya banyak dijumpai ketika bulan ramadhan.

Selain rasanya yang nikmat, buah kurma juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah kurma diantaranya seperti serat, mineral, vitamin, zat besi, sulfur, fosfor, potassium, mangan, tembaga, dan magnesium.

Setelah mengetahui beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah kurma. Langsung saja kita simak pembahasan mengenai manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh kita, berikut ulasannya.

manfaat buah kurma

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Baca Juga Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Sebagai Sumber Energi

Manfaat buah kurma – Beberapa ilmuan mengutarakan bahwa buah kurma merupakan sumber energi yang efektif. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma segar, dapat memenuhi kebutuhan energi harian hingga 15%. Namun jika mengkonsumsi buah kurma kering, maka kandungan antioksidanya akan sedikit berkurang. Oleh sebab itu kurma dijadikan sebagai sumber energi instan, sehingga tidak sedikit yang mengkonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa.

Mencegah Kanker Otak

Manfaat buah kurma – Tingginya kandungan mineral pada buah kurma, diantaranya seperti sulfur, magnesium, potassium, kalsium dan boron sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker otak. Dengan memakan 15 butir buah kurma, anda sama saja sudah memenuhi 80% kebutuhan magnesium dan 70% kebutuhan sulfur dalam tubuh.

Mencegah Rematik

Manfaat buah kurma – Sebagian besar orang masih banyak yang belum mengetahui kalau buah yang berasal timur tengah tersebut, memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya rematik. Hal ini terjadi karena buah kurma kaya akan mineral yang penting yang penting untuk kesehatan tulang dan otot. Mengkonsumsi 15 butir buah kurma secara teratur, dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral yang sangat penting seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron.

manfaat buah kurma

Serat Terbaik Bagi Usus

Manfaat buah kurma – Usus yang bekerja aktif dalam tubuh sangat perlu dijaga kebersihannya dari sisa-sisa makanan agar dapat bekerja secara optimal, serta sisa makanan yang menempel pada dinding-dinding usus tidak menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, buah kurma yang serat larut dalam bentuk pektin lebih banyak dibandingkan buah lain, dapat berfungsi membersihkan usus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kurma – Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, buah kurma merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Dimana salah satu fungsi kalium yaitu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot jantung dan mengontrol tekanan darah.

Mencegah Anemia

Manfaat buah kurma – Gejala anemia terjadi karena kekurangan darah dan biasanya ini sering dialami pada wanita yang sedang masa kehamilan. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin, karena kandungan zat besi dan kalsium pada buah kurma sangat membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

Demikian artikel mengenai manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang kesehatan.

Simak terus artikel kesehatan manfaat buah di matajurnal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *