Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-kesemek-1-1

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan РBuah kesemek, mungkin untuk sebagian mendengar kata buah kesemek terasa asing. Buah yang memiliki nama lain oriental persimmon mempunyai ciri fisik yang menyerupai buah apel, namun bedanya terdapat warna putih seperti bedak pada permukaan kulit kesemek.

Buah yang berasal dari negeri Cina ini rasanya cukup manis dan memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali. Menyinggung masalah nutrisi yang pada buah kesemek, tentunya buah ini menyimpan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti karbohidrat, protein kalium, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, viatmin E, dan lain-lain. Manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah kesemek bisa dirasakan oleh tubuh, antara lain seperti berikut.

manfaat buah kesemek

Manfaat Buah Kesemek Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang perlu diketahui lebih dalam;

Mampu Mencegah Penyakit Kanker

Tak kalah dengan buah-buahan lainnya yang kaya akan kandungan vitamin dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah kesemek juga sangat berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit kanker seperti hati, payudara, jantung. Hal ini karena buah kesemek mengandung zat agen yang berfungsi menolak racun jahat yang masuk kedalam peredaran darah dan dapat menyebabkan kanker.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sebagai buah yang mengandung vitamin B kompleks, dimana kita ketahui vitamin tersebut mampu membantu proses enzimatik yaitu merupakan proses peningkatan metabolisme. Maka dengan mengkonsumsi buah kesemek dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta membuat tubuh lebih sehat.

manfaat buah kesemek
Manfaat buah kesemek bagi kesehatan

Mencegah Tumor

Terdapatnya kandungan asam betulinic pada buah kesemek, dipercaya dapat menurunkan perkembangan pembentukan tumor. Manfaat buah kesemek juga berperan sebagai zat anti tumor, yang dimana bekerja dengan cara mencegah tumor yang akan tumbuh dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, bagi penderita tumor sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kesemek untuk menahan perkembangan tumor pada tubuh.

Meningkatkan Sirkulasi Darah Pada Tubuh

Manfaat buah kesemek selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh manusia. Ini terjadi karena kandungan tembaga dalam buah kesemek membantu pembentukan sel darah merah. Sehingga sel darah merah yang lama tergantikan dengan sel darah merah yang baru.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kesemek banyak mengandung asam askorbat yang dapat menjadikan tubuh tahan terhadap virus dan bakteri jahat, yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Selain itu, asam askorbat atau biasa dikenal dengan sebutan vitamin C ini mampu meningkatkan produksi sel darah putih. Yang merupakan ujung tombak dari pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus.

Itulah rincian singkat tentang khasiat dan manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh, Semoga bermanfaat dan perbarui terus pengetahuan anda tentang kesehatan.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *