Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-buah-kersen-1-1

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan – Kersen merupakan jenis buah yang berukuran kecil dan rasanya manis serta tekstur didalamnya seperti pasir. Buah ini cukup populer dan mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia, karena kersen dapat tumbuh liar di pekarangan rumah atau bahkan di pinggiran jalan yang biasanya dijadikan sebagai pohon peneduh.

Di beberapa daerah, buah kersen memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti halnya ada yang menyebutnya buah talok, buah seri, buah balaci, buah cherry dan masih banyak lagi. Buah ini berwarna hijau namun jika sudah masak warnanya akan menjadi kuning atau merah, dan tekstur luarnya terasa lembut saat di pencet.

Tak sedikit yang mengatakan jika buah kersen ini juga memiliki kemiripan dengan buah ceri, yang dimana akan memberikan khasiat dan manfaat luar biasa jika bagi kesehatan. Nah, apa saja manfaat buah kersen untuk kesehatan. Berikut informasinya.

Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai Sumber Antioksidan

Disamping rasanya yang khas dan manis, buah kersen juga berfungsi sebagai sumber antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan didalam buah kersen terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mampu untuk menangkal beberapa jenis penyakit seperti pilek, flu dan lain sebagainya.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain vitamin C, didalam buah kersen juga terdapat kandungan vitamin A dan betakoreten. Sehingga dengan adanya kandungan tersebut, buah kersen menjadi salah satu asupan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga retina supaya tetap sehat dan mempertajam daya penglihatan.

Mengatasi Asam Urat

Mengkonsumsi buah kersen secara teratu dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat, bahkan mampu sampai menormalkannya kembali. Selain buahnya, daun kersen juga dapat anda gunakan sebagai obat asam urat, dengan cara meminum air rebusan dari daun kersen.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah kalian yang mengalami masalah tekanan darah tinggi, mengkonsumsi buah kersen adalah solusi yang tepat. Sebab, buah berukuran kecil ini sudah telah dilengkapi dengan kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sifat anti tumor yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, diperoleh dari perpaduan antara buah dan daun kersen. Dimana kandungan antioksidan pada buah kersen dan flavonoid yang terkandung dalam daun kersen mampu melawan radikal bebas penyebab kaker.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari buah kersen yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan adanya kandungan karbohidrat yang cukup dalam buah kersen, sehingga bisa menahan lapar dalam waktu yang lebih lama. Maka sangat baik menambahkan buah kersen dalam menu cemilan anda.

Manfaat Buah Kersen Lainnya;

Demikianlah khasiat dan manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh, yang mungkin selama ini buah tersebut dianggap sepele oleh banyak sebagian orang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *