Manfaat Buah Kepel Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-kepel-1-1

Manfaat buah kepel yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu dipercaya ampuh untuk mengobati radang radang ginjal dan menghilangkan bau badan. Buah yang di yakini buah asli Indonesia tepatnya dari daerah jogja ini, memiliki nama latin Stelechocarpus Burahol dan populer dengan sebutan burahol.

Jika dilihat dari segi luar buah kepel berbentuk bulat sedikit lonjong seperti buah sawo, daging buahnya berwarna kuning seta biji yang berwarna coklat. Buah kepel lebih sering di konsumsi secara langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu, karena rasa manis dan kesegarannya lebih terasa.

Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata didalam buah kepel terkandung berbagai nutrisi dan gizi yang lengkap sehingga buah tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ulasan berikut ini adalah tentang beberapa khasiat dan manfaat buah kepel bagi kesehatan tubuh.

manfaat buah kepel

 

Khasiat dan Manfaat Buah Kepel

Mengatasi Radang Ginjal

Salah satu manfaat buah kepel bagi kesehatan yaitu sebagai obat radang ginjal. Dengan mengkonsumsi buah kepel secara teratur, dipercaya dapat membantu anda mengatasi permasalahan radang ginjal dan membuat ginjal anda kembali sehat.

Dapat Mencegah Dehidrasi

Menurut penelitian yang telah dilakukan terhadap buah kepel, mengungkapkan bahwa beberapa kandungan yang yang terdapat pada buah tersebut mampu berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya dengan mengkonsumsi secara rutin juga diyakini dapat membuat daya tahan tubuh semakin meningkat. Dengan demikian, tubuh akan kebat terhadap berbagai gejala penyakit yang akan menyerang tubuh.

Meredakan penyakit Asam Urat

Buah kepel memang terkenal sebagai obat tradisional yang mampu meringankan asam urat, hal tersebut disebabkan dalam buah kepel memiliki kandungan yang aktif untuk membuat penyakit asam urat anda sedikit terobati.

manfaat buah kepel

Melancarkan saluran Kemih

Keuntungan lain mengkonsumsi buah kepel ialah dapat membantu menyehatkan saluran kemih. Seperti yang kita ketahui, saluran kemih merupakan suatu saluran pembuangan yang rawan terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga sangat penting untuk dijaga kesehatannya salah satunya dengan mengkonsumsi buah kepel secara rutin.

Dapat Mengatasi Bau Mulut dan Bau Badan

Bau mulut yang kurang sedap biasanya disebabkan oleh bakteri yang menumpuk pada gigi, gusi dan lidah, serta menurunnya kadar air liur yang berfungsi sebagai pembersih bakteri pada mulut, sedangkan bau badan sering dipicu dengan bau keringat. Dalam hal seperti ini, buah kepal dapat bekerja untuk memerangi pembentukan amonia yang disebabkan oleh bakteri, karena didalam buah tersebut terdapat kandungan anti bakteri yang aktif. Selain itu, buah kepel juga mampu mengurangi sistem produksi keringat yang berlebihan secara alami.

Anti Kanker

Di dalam bua kepel terdapat kandungan styryl lactons, acetogenin dan isoflavon yang berperan sebagai anti kanker. Dimana tiga kandungan tersebut dapat bekerja menghambat terjadinya penyakit kanker.

Manfaat Buah Kepel Lainnya;

  • Sebagai sumber energi
  • Mempercepat proses regenerasi sel
  • Asupan yang baik untuk diet

Demikianlah ulasan tentang manfaat buah kepel untuk kesehatan yang mungkin belum banyak kita ketahui. Semoga apa yang kami sampaikan melalui artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua, kunjungi juga manfaat-manfaat buah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *