Tue. Oct 23rd, 2018
manfaat-buah-kedondong

Manfaat Buah Kedondong Bagi kesehatan

Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan – Mengkonsumsi buah-buahan, sayuran atau pun jenis makanan bergizi lainnya memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya dengan buah yang satu ini yaitu buah kedondong, terkenal dengan rasanya yang asam dan paling sering dijadikan bahan olahan membuat rujak atau asinan.

Sebagai buah yang berukuran kecil dan berwarna hijau serta biji buahnya yang berserat, buah kedondong juga banyak digunakan menjadi olahan ramuan herbal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Ada banyaknya manfaat buah kedondong tentunya tak lepas dari kandungan gizi dan senyawa yang terdapat pada buah tersebut.

Beberapa kandungan kandungan gizi dan senyawa pada kedondong diantaranya; Air, protein, serat, kalsium, sukrosa, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan senyawa kompleks lainnya.

Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Dengan adanya beberapa kandungan yang terdapat pada kedondong seperti diatas, membuat buah ini sangat layak untuk dikonsumsi sehari-hari. Terlebih lagi, ada baiknya jika anda mengetahui khasiat dan manfaat buah kedondong bagi kesehatan seperti berikut.

Sebagai Obat Batuk Alami

Manfaat buah kedondong dapat di jadikan sebagai obat batuk batu alami. Dengan cara mengolah kedondong menjadi halus lalu tambahkan sedikit garam, kemudian minum ramuan ini selama 2 kali sehari. Cara ini sangat dipercaya dapat mengobati batuk atau pun gangguan tenggorokan yang lain.

Mencegah Penyakit Jantung

Kedondong merupakan salah satu buah yang mempunyai khasiat yang tidak kalah pentingnya dengan buah lainnya, karena buah ini mengandung kalium alami yang cukup tinggi. Dimana kalium tersebut dapat membantu mencegah datangnya penyakit jantung jika anda mengkonsumsinya secara teratur.

Mengatasi Diare

Sebagai buah yang memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin, kedondong diyakini sangat ampuh untuk mengatasi diare. Hal itu disebabkan adanya kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh, termasuk bakteri pada pencernaan yang memicu terjadinya diare.

Menyehatkan Mata

Di dalam buah kedondong terdapat kandungan vitamin A yang baik untuk membuat mata jauh lebuh sehat. Selain itu, buah kedondong juga cocok bagi mereka yang menderita penyakit mata seperti katarak, minus sejak kecil atau jenis kerusakan mata lainnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah kedondong selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin C pada buat tersebut. Daya tahan tubuh anda akan semakin meningkat, dengan mengkonsumsi buah kedondong secara rutin.

Khasiat dan manfaat buah kedondong lainnya;

  •  Obat anemia
  • Sumber antioksidan yang baik
  • Menyembuhkan luka
  • Membantu mengontrol kadar kolesterol
  • Menyehatkan tulang dan gigi
  • Asupan nutrisi yang baik untuk wanita ibu hamil
  • Obat penghilang rasa kantuk

Demikian rincian singkat tentang manfaat buah kedondong bagi kesehatan tubuh yang penting untuk anda ketahui lebih dalam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam mengkonsumsi buah yang sehat. Ketahui juga; Manfaat Buah Lainnya pada Artikel Kesehatan yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *