Manfaat Buah Kawista Bagi Kesehatan

manfaat-buah-kawista-

Sebagian masyarakat belum terlalu banyak mengetahui manfaat buah kawista, bahkan mungkin masih ada yang merasa asing dengan buah ini. Cukup wajar, karena buah kawista memang susah ditemui di toko-toko buah yang ada di Indonesia, akibat masih sedikitnya orang yang membudidayakan tanaman ini.

Buah yang memiliki nama Limonia acidissima ini, dikenal dengan rasa buahnya yang begitu pekat sedikit asam saat masih muda sehingga banyak yang menggunakannya sebagai bahan rujak. Namun ketika sudah matang, akan terasa manis dan nikmat dengan sensasi kola walaupun kandungan zat soda hanya sedikit.

Buah kawista masih tergolong dalam jeruk-jerukan, dengan tekstur kulitnya yang kasar seperti kulit melon dan kuat layaknya batok kelapa. Menurut hasil penelitian terhadap buah yang dikabarkan berasal dari India ini, selain menyuguhkan rasa yang nikmat dan tampilan yang unik. Buah kawista juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya yaitu;

manfaat buah kawista

Khasiat dan Manfaat Buah Kawista Bagi Kesehatan

Sebagai Obat Herbal Mengatasi batuk

Satu dari beberapa diantara manfaat buah kawista yaitu dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk. Caranya pun cukup muda, yakni dengan mengkonsumsi jus atau sirup kawista, bisa juga dengan cara mengkonsumsi langsung buahnya yang sudah matang.

Mengatasi Diare dan Disentri

Diare ialah sebuah penyakit yang dimana tinja berubah menjadi lembek atau cair, sedangkan disentri merupakan infeksi yang terjadi pada usus yang dapat menyebabkan terjadinya diare. Mengkonsumsi buah kawista yang masih muda secara teratur, sangat diyakini dapat mengatasi gangguan diare dan disentri.

Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh

Di dalam buah kawista terkandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi, dimana kita ketahui kandungan tersebut bisa menangkal radikal bebas serta memperkuat sistem daya tahan tubuh.

Mampu Menurunkan Demam

Buat sebagian masyarakat dari beberapa wilayah di Asia, mengkonsumsi buah kawista untuk mengatasi mengatasi demam dan menguatkan tubuh terhadap serang virus yang mengakibatkan demam.

manfaat buah kawista

Sebagai Sumber Energi

Manfaat buah kawista selanjutnya ialah sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan glukosa yang melimpah pada buah kawista, sehingga kandungan tersebut akan diolah menjadi bahan tonikum yakni memulihkan energi yang banyak keluar setelah beraktivitas.

Mengatasi Asam Urat

Manfaat buah kawista juga sangat diyakini mampu mengatasi asam urat. Dengan cara merebus buah kawista matang yang sudah dihancurkan dan dicampur dengan daun sirih. Rebusan air tersebut dapat di minum dan digunakan untuk melumuri bagian tubuh yang bermasalah dengan asam urat.

Manfaat Buah Kawista Lainnya;

  • Membantu mengontrol tekanan darah
  • Mengobati sakit perut dan menyehatkan hati
  • Mengobati gatal-gatal gigitan serangga

Demikianlah beberapa informasi tentang khasiat dan manfaat buah kawista untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Untuk mengetahui manfaat-manfaat buah lainnya, langsung saja kunjungi Artikel Kesehatan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *