Manfaat Buah Ciplukan Yang Perlu Diketahui Mendalam

manfaat-buah-ciplukan-1-1

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan – Ciplukan atau cecendet adalah salah satu jenis tumbuhan berbuah yang tumbuh dan hidup secara liar disekitar tanaman atau semak-semak. Tinggi dari tumbuhan ciplukan ini biasanya mencapai 1-1,5 meter dan umur tanaman ini kurang lebih hanya 1 tahun saja.

Buah atau tumbuhan dari ciplukan ini sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang, selain rasanya yang kurang familiar di lidah orang Indonesia mungkin juga agak susah ditemui di daerah perkotaan. Namun faktanya beberapa waktu lalu, buah ciplukan atau cecendet ini memiliki nilai jual yang cukup fantastis di berbagai mal di Indonesia.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Physallisa angulata ini, selain rasa buahnya manis jika sudah masak, ternyata buah ciplukan atau cecendet juga mempunyai khasiat yang cukup luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

manfaat buah ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Dapat Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang salah satu penyakit yang sangat berbahaya, bahkan dapat dikatakan penyakit paling mematikan di dunia. Namun tidak perlu khawatir, karena salah satu manfaat buah ciplukan yaitu dapat mengatasi penyakit jantung. Caranya, cukup menghancurkan 40 helai daun ciplukan dengan blender seperti jus, saring lalu minum airnya tanpa di campur apa-apa.

Mampu Menurunkan Deman

Demam merupakan salah satu kondisi dimana suhu tubuh berbeda diatas suhu normal. Namun jenis penyakit seperti ini dapat diatasi dengan Mengkonsumsi buah ciplukan, karena buah ini sangat dipercaya mampu menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

Bisa Mengobati Stroke

Manfaat selanjutnya yang didapat dari mengkonsumsi buah ciplukan yaitu dapat mengobati penyakit stroke. Dengan cara memakan dan meminum bagian-bagian dari buah ciplukan secara teratur.

manfaat buah ciplukan

Menyembuhkan Penyakit Asma

Asma adalah salah satu jenis penyakit jangka panjang pada bagian saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan yang menimbulkan sesak napas. Ciplukan salah satu tumbuhan yang di yakini dapat menyembuhkan penyakit asma, cara pengaplikasian cuplukan pun tergolong cukup muda. Cukup dengan merebus batang dan daun dari buah ciplukan, saring lalu minum air rebusasn tersebut.

Mengatasi Penyakit Kurap

Penyakit yang menyerang pada bagian kulit dan disebabkan oleh jamur dinamakan penyakit kurap. Jenis penyakit ini cukup sangat mengganggu, selain tidak nyaman juga sangat merusak penampilan apabila terjadi pada bagian yang terbuka. Untuk mengatasinya, dapat dengan menghancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada bagian yang terkena penyakit kurap.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Beberapa bagian dari buah ciplukan ternyata juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan memakan daun ciplukan sebanyak 2 helai selama 3 hari dalam sehari.

Manfaat Buah Ciplukan Lainnya;

  • Sebagai penawar racun dalam tubuh
  • Untuk obat penambah darah
  • Dapat mengobati kanker payudara
  • Mengatasi penyakit epilepsi atau ayan
  • Mengobati diabetes

Demikianlah khasiat dan manfaat buah ciplukan yang perlu kita ketahui. Jika dilihat dari pentingnya tumbuhan ciplukan, tidak ada salahnya anda mencoba menanamnya tanaman ini di pekarangan rumah anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, serat ketahui juga manfaat buah papino untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *