Thu. Nov 1st, 2018
manfaat-buah-bligo-atau-kundur

Manfaat Buah Bligo atau Kundur Untuk Kesehatan

Manfaat Buah – Manfaat Buah Bligo atau Kundur Untuk kesehatan – Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah bligo atau kundur. Karena buah yang pohonnya tumbuh merambat ini, banyak tumbuh dan mudah didapat di lingkungan pedesaan.

Tanaman dengan nama latin benincasa hispida dan masih termasuk keluarga cucurbitaceae ini, sering digunakan oleh masyarakat sebagai sayur. Selain itu, buah bligo juga dikenal oleh masyarakat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dengan sebutan yang berbeda-beda, seperti kundo, gundur, lela, kundus, serdak, beligo, dan komelingan.

Buah bligo mampu bertahan lama bahkan bisa sampai setahun apabila kulit luarnya tidak terkelupas, sebab buah ini dilindungi lapisan lilin yang dapat mencegah serang micro-organisme pembusuk pada bagian luarnya. Maka tak heran jika masyarakat luar negeri mengenalnya dengan sebutan labu berlilin.

Buah bligo atau kundur termasuk jenin tanaman semusim dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan tersebut antara lain; Air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, seng, sodium, zinc dan vitamin.

Manfaat Buah Bligo atau Kundur Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang terdapat pada buah bligo atau kundur, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi tentang manfaat buah bligo atau kundur untuk kesehatan tubuh.

Mampu Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat buah bligo yaitu mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, dalam buah bligo terdapat kandungan serat yang tinggi tetapi rendah akan kandungan kalori. Sehingga serat dapat berfungsi menyerap karbohidrat dan lemak dalam tubuh.

Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Terdapatnya kandungan vitamin C pada buah bligo dapat berperan aktif sebagai antioksidan alami. Sehingga vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang telah mengembangkan resiko perkembangan sel kanker.

Dapat Menangani Sembelit

Tingginya kandungan air dalam buah bligo sangat berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan makanan didalam usus, hingga akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk tinja secara normal.

Mengatasi Asma

Buah bligo atau kundur mempunyai sifat balacing vata, kapha dan pitta. Oleh karena sifat tersebut, mengkonsumsi buah bligo dapat membantu tubuh merasakan dingin dan sangat berkhasiat untuk mengatasi sakit asma.

Bisa Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Selain digunakan sebagai sayuran, buah bligo juga dapat digunakan sebagai olahan jus. Dengan mengkonsumsi jus bligo bisa membantu tubuh menetralkan racun yang ada didalamnya, yang telah terbawa oleh minuman, makanan atau pun udara yang kita hirup dalam sehari-hari.

Mampu Menurunkan Gula Darah

Menurut hasil penelitian yang telah mengungkapkan bawa, manfaat buah bligo atau kundur mampu menurunkan gula darah dalam tubuh bagi penderita diabetes melitus. Turunnya kadar gula disebabkan dengan menurunnya jumlah karbohidrat dan adanya peningkatan aktivitas insulin yang terjadi akibat fitokimia yang terdapat pada buah bligo.

Khasiat dan Manfaat Buah Bligo Lainnya;

  • Melindungi sistem pencernaan dalam tubuh
  • Sebagai anti-inflamasi
  • Menurunkan berat badan
  • Mengatasi insomnia dan edema
  • Mengobati radang usus dan lambung

Air ialah kandungan utama yang terdapat pada buah bligo atau kundur, yang sangat penting untuk mengatus suhu tubuh. Meskipun banyaknya manfaat yang didapat dari buah bligo, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan, karena dapat menimbulkan batu ginjal pada bagi seseorang yang menderita gangguan ginjal. Selain itu, rasa dingin efek dari buah bligo cukup tidak baik bagi penderita rheumatik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *