Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-bit

Artikel Kesehatan – Manfaat Buah – Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh – Bit merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang sering digunakan sebagai pengobatan alami, serta dapat juga dikonsumsi dengan cara di jus, direbus, dipanggang, atau pun dikonsumsi secara langsung. Buah bit tergolong dalam buah yang mahal dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah yang identik dengan warna merah gelap ini tumbuh di dalam tanah layaknya seperti buah bengkoang, yang dimana memiliki kandungan magnesium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, B9, vitamin C, protein, karbohidrat, antioksidan, serat larut dan juga folat.

Berdasarkan adanya nutrisi yang terkandung di dalam bit, membuat buah ini menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi karena sangat berkhasiat bagi tubuh, berikut manfaatnya.

manfaat buah bit

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Berikut ini penjabaran beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan yang bisa anda simak.

Menyehatkan Ginjal dan Kantung Empedu

Dengan mengkonsumsi buah bit yang secara langsung atau dalam bentuk jus, sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal dan kantung empedu. Hal ini disebabkan, buah bit yang kita konsumsi dapat berfungsi sebagai pembersih ginjal dan kantung empedu dari racun yang mengendap dan tertimbun dalam kedua organ tersebut.

Membuat Jantung Kita Sehat

Selain menyehatkan organ ginjal dan empedu, manfaat buah bit juga dipercaya mampu membuat jantung kita menjadi sehat. Seperti yang kita ketahui, saat ini penyakit jantung salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Oleh karena itu, salah satu cara yang cukup efektif supaya terhindar dari penyakit jantung yaitu mengkonsumsi buah bit. Kandungan kalium yang ada di dalam buah tersebut, diyakini dapat menurunkan hipertensi. yang dimana hipertensi ini sebagai penghambat aliran darah yang menuju ke jantung.

manfaat buah bit

Melancarkan Sistem Pencernaan

Memiliki pola makan yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan rendah gizi dapat menyebabkan pencernaan menjadi terganggu. Gangguan pencernaan seperti mual, diare dan disentri dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus bit secara rutin. karena buah ini kaya akan kandungan serat yang dapat berkhasiat dalam melarutkan makanan dan racun di dalam usus.

Terhindar Dari penyakit Anemia

Anemia atau kekurangan darah memang dapat menyerang siapa saja, namun anemia dapat kita hindari dengan cara mengkonsumsi buah bit. Karena buah ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga mampu memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah yang rusak.

Menjaga Stamina Tubuh

Manfaat buah bit selanjutnya yaitu dapat menjaga stamina tubuh agar tetap fit, yakni dengan cara mengkonsumsi jus bit secara rutin setiap pagi. maka dengan begitu tubuh akan terhindar dari rasa lelah, letih, lesu, serta kandungan nitrat pada buah bit dapat membantu mengurangi pengeluaran oksigen saat beraktivitas.

Mampu Menghancurkan Sel Kanker

Buah bit kaya akan kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh para penderita kanker. Sehingga bagi para penderita kanker sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus buah bit secara teratur.

Khasiat dan manfaat buah bit memang cukup banyak untuk kesehatan, namun bukan berarti anda dapat mengkonsumsinya dalam jumlah yang bayak. Karena mengkonsumsi buah bit terlalu banyak dapat menurunkan kadar kalsium pada tubuh dan merusak ginjal.

Simak terus artikel kesehatan manfaat buah di matajurnal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *