Manfaat Buah Bintaro Dalam Kehidupan Sehari-Hari

2-Manfaat-Buah-Bintaro-Dalam-Kehiduan-Sehari-Hari

Artikel Manfaat Buah – Matajurnal.com – Manfaat buah bintaro – Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak manfaat buah-buahan yang bisa kita temukan manfaatnya. Manfaat buah dan sayur juga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, terutama bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ada baiknya orang tua selalu melengkapi gizi harian anak dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Hal ini wajar dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan anak semakin baik, dan tentunya tidak kekurangan gizi serta vitamin.

Asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak dalam masa petumbuhan, memang harus menjadi perhatian khusus. Karena kebutuhan gizi yang diperlukan oleh anak-anak, membutuhkan dua kali lipat jumlah gizi dan vitamin dibanding orang dewasa.

Bergeser dari persoalan gizi dan kesehatan, ada beberapa buah-buahan yang juga bermanfaat untuk keperluan sehari-hari. Salah satunya adalah manfaat buah bintaro untuk bahan baku industri, maupun keperluan rumah tangga sehari-hari.

Manfaat Buah Bintaro Yang Jarang Diketahui

Buah bintaro sendiri merupakan buah yang serupa dengan buah mangga, namun bentuknya agak bulat. Meskipun dikatakan buah, tapi buah bintaro ini tidak bisa dimakan atau dikonsumsi, karena mengandung senyawa beracun yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Meskipun mengandung senyawa yang kontradiktif terhadap tubuh manusia, tapi rupanya buah berkulit hijau ini memiliki manfaat lain.

Manfaat buah bintaro mungkin jarang diketahui oleh masyarakat luas, karena popularitas buah ini juga tidak terlalu dikenal.

Tapi di dalam buah bintaro ini mengandung beberapa senyawa yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri dan rumah tangga.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama beberapa manfaat buah bintaro, untuk bahan baku industri dan keperluan rumah tangga sehari-hari.

1. Sebagai pengusir tikus

mengusir tikus Manfaat Buah Bintaro Dalam Kehiduan Sehari-Hari
buah bintaro pengusir tikus gratis

Manfaat buah bintaro yang pertama adalah sebagai pengusir tikus, atau bisa dimanfaatkan sebagai racun tikus. Hal ini disebabkan oleh kandungan racun cerberin yang terdapat di dalam buah berkulit hijau ini. Racun cerberin yang terkandung di dalam buah bintaro, dapat melumpuhkan serta merusak syaraf pusat pada otak tikus.

Indera penciuman tikus dikenal cukup tajam, sehingga ketika tikus mencium aroma buah itu, maka hewan tersebut akan segera menjauh. Dan dengan diletakannya buah bintaro pada area yang sering dilalui tikus, dapat mencegah datangnya hewan pengerat tersebut.

2. Dapat menjadi bahan bakar alternatif

bahan bakar alternatif Manfaat Buah Bintaro Dalam Kehiduan Sehari-Hari

Berdasarkan hasil penelitian yang sempat dilakukan di IPB, manfaat buah bintaro juga sangat berguna sebagai bahan bakar alternatif. Hasil uji toksisitas terhadap getah buah bintaro, menunjukan hasil bahwa minyak yang terdapat didalam buah ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Bahkan asap, residu, serta bau dari pembakaran minyak bintaro, masuk dalam kategori aman.

3. Menjadi biopestisida

biopestisida Manfaat Buah Bintaro Dalam Kehiduan Sehari-Hari

Dalam bidang pertanian manfaat buah bintaro juga dapat dimanfaatkan untuk membuat biopestisida. Dengan adanya biopestisida, tanaman dan tumbuhan dapat terlindung dari hama. Tapi pestisida alami dari kandungan daun buah bintaro, tidak akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuhan serta tanaman.

4. Menjadi bahan baku pembuatan lilin

bahan baku lilin Manfaat Buah Bintaro Dalam Kehiduan Sehari-Hari

Sebagai sumber penerangan, lilin masih cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Beberapa waktu belakangan ini, diketahui bahwa biji dari buah bintaro memiliki kandungan minyak yang cukup banyak. Karena biji buah ini mengandung cukup banyak minyak, maka salah satu manfaat buah bintaro adalah dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan lilin.

5. Menjadi racun untuk anak panah

racun anak panah Manfaat Buah Bintaro Dalam Kehiduan Sehari-Hari

Manfaat buah bintaro yang lain adalah menjadi racun untuk anak panah. Seperti yang sering dilakukan oleh suku dayak di pedalaman Kalimantan, mereka membaluri anak panah dengan racun buah bintaro. Biasanya mereka menggunakan anak panah yang dibaluri racun buah bintaro, untuk keperluan berburu hewan di hutan.

Itulah beberapa manfaat buah bintaro yang cukup jarang diketahui oleh masyarakat luas. Selain manfaat dari buah bintaro, ada juga manfaat buah untuk kesehatan dari bebagai macam buah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *