Manfaat Buah Berenuk Untuk Kesehatan

manfaat-buah-berenuk-

Manfaat Buah – Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan – Jika dilihat sekilas buah ini nampak terlihat seperti buah maja, namun jika diperhatikan buah ini ukurannya lebih besar dari buah maja. Buah ini merupakan salah satu buah yang berasal dari wilayah Amerika, yang bisa anda temui di daerah Jawa Tengah tepatnya di Mojokerto.

Tidak seperti buah-buahan lain pada umumnya yang bisa di konsumsi secara langsung, karena buah ini rasanya pahit. Itulah sebabnya buah ini lebih sering diolah menjadi ramuan herbal dan digunakan untuk pengobatan secara tradisional.

Beberapa kandungan yang terdapat pada buah berenuk diantaranya seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor, karbohidrat, nutrium, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin C, vitamin E, saponin dan flavonoid. Dengan adanya semua kandungan vitamin dan mineral tersebut, tak heran jika buah berwarna hijau tersebut dapat menyehatkan tubuh kita.

manfaat buah berenuk

 

Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh

Supaya tidak salah dalam memahami khasiat dan manfaat buah berenuk, Berikut ini kami berikan ulasan tentang beberapa kegunaan buat tersebut bagi kesehatan.

Sebagai Obat Diare

Diare merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan. Penyakit ini biasanya sering terjadi akibat konsumsi makan atau minuman yang terkontaminasi oleh virus, bakteri atau pun parasit. Penyakit jenis ini dapat diatasi dengan mengunakan buah berenuk. Karena kandungan alami pada buah ini mengandung gizi yang mampu mengusir kuman penyebab diare pada saluran pencernaan.

Sumber Antioksidan

Manfaat buah berenuk juga baik digunakan sebagai sumber antioksidan alami. Pasalnya, buah berukuran besar ini mempunyai kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tubuh akan terhindar dari efek negatifnya.

manfaat buah berenuk

Membantu Meredakan Asma

Bagi kalian yang sering menderita karena penyakit sakit asma, anda bisa menggunakan buah berenuk untuk membantu meredakan sakit asma pada saat kambuh. Karena buah ini mengandung senyawa yang mampu meyehatkan pernapasan, termasuk mengatasi penyakit pernapasan lainnya.

Dapat Melancarkan Pencernaan

Terdapatnya kandungan serat pada buah berenuk, membuat buat tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan ramuan obat herbal yang sangat berkhasiat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Mampu Mengatasi Hipertensi

Manfaat Buah berenuk selanjutnya yaitu mampu mengatasi hipertensi. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa yang mampu mengurangi tekanan darah pada tubuh. Sehingga, penyakit hipertensi dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah berenuk.

Menurunkan Panas Demam

Buah ini sangat berkhasiat untuk membantu tubuh anda mengatasi panas demam, karena buah hijau ini mempunyai sifat penurun panas yang alami bagi tubuh. Maka mengkonsumsi buah ini yang sudah di campur dengan madu dan diracik dengan bahan lainnya untuk meredakan panas demam.

Dibalik rasanya yang pahit, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh bukan. Itulah beberapa informasi tentang manfaat buah berenuk untuk kesehatan, yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Baca Juga; Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan.

Simak terus artikel kesehatan manfaat buah di matajurnal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *