Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-buah-belimbing-

Manfaat Buah Belimbing yang Luar Biasa

Manfaat Buah – Manfaat buah belimbing untuk kesehatan – Buah belimbing merupakan salah satu buah yang berasal dari wilayah beriklim tropis. Buah ini identik dengan bentuknya seperti bintang jika dipotong, serta warnanya yang kuning bila sudah matang. Ditambah lagi rasanya yang segar, membuat buah ini sangat baik dikonsumsi karena sangat memberikan banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Penting untuk kita ketahui, dalam 100 gram buah belimbing menyediakan 31 kalori lebih rendah dibandingkan dengan buah-buahan tropis lainnya. Disamping itu beberapa nutrisi penting lainnya seperti antioksidan, mineral dan vitamin mengandung sejumlah manfaat buah belimbing bagi kesehatan.

Manfaat Buah Belimbing

Mencegah Penyakit Kanker

Secara umum jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dapat tubuh dalam mengembangkan resistensi terhadap infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh. Seperti halnya pada buah belimbing terdapat kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai pencegah terhadap serangan gejala kanker.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Buah belimbing memiliki kandungan elektrolit dan mineral seperti fosfor, kalium, seng dan zat besi. dimana kalium tersebut merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah belimbing secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat buah belimbing atau pun kulitnya memberikan asupan serat makanan yang baik bagi sistem pencernaan. Kandungan serat tersebut membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan di dalam usus,  serta melindungi selaput lendir usus dari zat racun yang menyebabkan kanker usus. Makan mengkonsumsi buah belimbing adalah salah satu cara yang efektif membuat sistem pencernaan lebih sehat, dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus.

Mengatasi Gangguan Ginjal

Bagi setiap orang yang memiliki keluhan gangguan ginjal serta ingin memiliki ginjal sehat, maka mengkonsumsi belimbing dapat dijadikan solusi karena buah ini memiliki konsentrasi tinggi terhadap asam oksalat. Bahkan para ilmuwan pun menganggap sebagai senyawa anti nutrisi, seperti gangguan penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti magnesium, kalium dan lain sebagainya.

Meningkatkan Kinerja Enzim

Sebagai buah yang kaya akan kandungan gizi, belimbing juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat dan piridoksin. Dengan adanya vitamin tersebut dapat dapat membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme, serta mendukung fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Adanya kandungan zat pektin pada buah belimbing dapat sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol serta mengeluarkan asam empedu pada sekresi, tentu saja hal tersebut sangat baik untuk kesehatan.

Beberapa manfaat buah belimbing diatas akan anda peroleh apabila mengkonsumsi dengan teratur, namun belimbing yang rasanya manis tersebut mengandung glukosa yang tidak baik bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Mengkonsumsi beragam buah-buahan lebih baik dari pada berkonsentrasi pada satu jenis buah, oleh sebebitu baca Artikel Kesehatan dan Manfaat Buah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *