Mon. Dec 3rd, 2018
manfaat-buah-arbei-untuk-kesehatan-tubuh

Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah – Buah-buahan dan sayur merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan gizi vitamin serta serat yang tinggi. Salah satunya seperti manfaat buah arbei untuk kesehatan dan kecantikan. Buah arbei juga sering disebut dengan nama berry.

Buah yang memiliki bentuk kecil ini mudah sekali ditemukan di Indonesia, karna pada dasarnya buah ini memang dapat tumbuh subur di iklim tropis.

Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan

Pengembang biakan buah arbei terbilang mudah gampang dan sederhana, anda tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan buah arbei dapat ditanam dipot besar. Selain memiliki rasa yang enak, agak asam dan segar, buah ini memiliki kandungan gizi yang ok.

Kandungan Gizi Buah Arbei: energi 37 kkal, protein 0,8 gr, lemak 0,5 mg, karbohidrat 8,3 gr, asam folat 30 mcg, kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, vitamin A 60 SI (Satuan Internasional), vitamin B1 0,003 mg, air 89,9 gr.

Dilihat dari kumpulan kandungan gizi yang ada dalam buah ini, pasti anda sudah dapat membayangkan khasiat dan manfaatnya bagi tubuh kita, seperti:

Mengobati Sariawan

Manfaat buah arbei sebagai sumber vitamin dan mineral yang menghasilkan sumber tenaga. Sumber vitamin C dengan kadar 60mg terdapat pada buah ini setara dengan sumber vitamin C, sehingga dapat menyembuhkan atau mengatasi penyakit sariawan.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi buah arbei sebanyak 10 gram perhari. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya dibersihkan dengan air.

Melawan Kanker

Manfaat buah arbei dari kandungan karoten sebagai antioksidan, ini dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencegah atau mengatasi proses yang mempengaruhi pembentukan sel-sel kanker pada tubuh.

Mengobati Tumor

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa arbei langka yang berada di ujung utara negara queensland adalah obat tumor yang mampu dikembangkan. Senyawa pada buah ini bisa mematikan tumor kepala dan leher serta benih tumor itu sendiri.

Senyawa itu bekerja dengan cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah dan kemudian mengaktivasi sistem pertahanan tubuh yang dirusak akibat tumor. Ini salah satu manfaat buah arbei untuk kesehatan.

Mengebati Maag

Manfaat buah arbei pada kandungan vitamin C dan rasanya yang asam tidak memberikan efek samping pada bagian lambung. Jadi, bagi siapapun yang menderita maag dapat dengan tenang untuk tetap mengkonsumsi buah arbei ini.

Melawan Penyakit Tifus

Selain itu, manfaat buah arbei untuk melawan penyakit tifus terletak pada kandungan gizi vitamin dan kumpulan serat alami yang membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah ini secara teratur.

Penyakit Hati

Penyakit hati yang umumnya dikenal dengan nama hepatitis biasanya disebabkan oleh virus dan alkohol ataupun obat-obatan. Jika anda mengkonsumsi buah ini, maka penyakit gangguan pada hati bisa ditangani. Ini merupakan manfaat buah arbei karena kandungan flavonoida.

Mengatasi Gejala Diare

Manfaat buah arbei terdiri dari beberapa kandungan gizi dan seratnya, salah satunya adalah fitonutrien dapat mengatasi penyakit diare. Selain itu, buah ini juga mampu melancarkan pencernaan dan mampu mengobati penyakit atau masalah pada perut.

Menunda Proses Penundaan

Selain itu, manfaat buah arbei memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Maka buah arbei mampu membersihkan tubuh secara mendalam sehingga dapat menunda proses penuaan. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah arbei juga dapat menjaga memori otak.

Merawat Kulit Wajah

Manfaat buah arbei selanjutnya dapat digunakan untuk merawat kulit sebab memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Manfaat vitamin C ternyata juga dapat melembutkan kulit kering, cara mengolah buah ini pun cukup mudah terjangkau.

Campurkan satu sendok teh mentega cair dengan sari buah arbei yang segar, kemudian oleskan bahan tadi pada wajah dan diamkan selama setengah jam. Lalu bersihkan wajah dengan air dan bubuhkan tonik wajah.

Pemutih Wajah Alami

Selain itu, manfaat buah arbei ternyata bisa digunakan sebagai pemutih wajah yang alami, mencerahkan kulit kusam dan menghilangkan noda hitam pada wajah. Caranya cukup mudah, cukup potong buah arbei menjadi dua bagian, lalu oleskan bagian dalam buah kewajah dan biarkan semalaman dan cuci hingga bersih.

Vitamin C yang terkandung pada buah arbei diyakini menjadi kandungan ampuh berpotensi sebagai antioksidan yang dapat merawat kulit.

Menjaga Stamina Tubuh

Manfaat buah arbei untuk stamina tubuh karena kandungan gizi vitamin dan serat alami yang begitu kompleks. Bahkan menurut ahli herbal, buah ini mampu merawat keadaan darah dan ginjal, melancarkan urine serta mengelurkan dahak dan memperbaiki peredaran darah.

Menjaga Gigi Dan Gusi Tetap Sehat

Berhubung manfaat buah arbei terletak pada kandungan vitamin C yang cukup tinggi, akan mampu menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. Bahkan, kandungan kalsium dan fosfor pada arbei juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi.

Inilah beberapa informasi manfaat buah arbei yang dapat kami simpulkan. Untuk menjaga pola hidup sehat, anda juga bisa membaca kumpulan artikel kesehatan, seperti manfaat buah cempedak untuk kesehatan, manfaat buah naga, manfaat kacang hijau dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *