Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-bawang-putih-untuk-hati

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan & Kecantikan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang menjadi salah satu bahan pokok untuk setiap pengolahan masakan. Meskipun memiliki bau yang tajam serta aroma yang khas, ternyata tersimpan segudang manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Terutama setelah diolah secara bersamaan dengan beberapa bahan baku lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat khasiat bawang putih yang dicampurkan dengan beberapa bahan lainya semakin terasa.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih menjadi salah satu bahan pokok yang sering digunakan karena khasiat dan manfaat yang terkandung didalamnya. Meskipun memiliki bau yang sangat menyengat, ternyata terdapat beberapa kandungan alami yang berguna untuk tubuh kita.

Kandungan Bawang Putih: sulfur, allicin, anti-bakteri, anti-jamur, vitamin C, B kompleks, fload, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, seng dan beberapa senyawa alami lainya.

Melihat dari kumpulan kandungan bawang putih, pasti kalian sudah dapat membayangkan manfaat yang akan diperoleh tubuh kita jika mengkonsumsinya secara tepat.

Mengurangi Gula Darah

Manfaat bawang putih untuk penderita diabetes bisa menurunkan kadar trigliserida pada tubuh dan kadar tinggi glukosa dalam darah anda. Bawang putih mengandung berbagai kandungan kompleks seperti allicin yang dipercaya dapat mencegah kadar gula darah meningkat.

Mencegah Kanker

Pastinya beberapa orang sudah mengetahui hal ini. Kanker merupakan penyakit yang ditakuti, sehingga berpotensi menyebabkan kematian. Manfaat bawang putih untuk mencegah kanker karena kandunagn bahan organosulfida yang mencegah kanker usus dan kanker perut.

Potong tipis dan konsumsi secara langsung. Bisa juga potong tipis dan masukan dalam makanan yang anda konsusmsi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk Ibu Hamil

Manfaat bawang putih untuk ibu hamil jika dikonsumsi sangatlah bagus. Beberapa ibu hamil mengkonsusmsi bawnag putih untuk mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan membantu meningkatkan berat badan bayi selama dalam kandungan sang ibu.

Tentunya hal ini akan membuat sang buah hati menjadi lebih sehat dan juga kuat. Kandungan kalsium, berbagai macam vitamin dan juga anti bakteri sangatlah baik untuk kehamilan.

Untuk Penderita Anemia

Penderita anemia akan tersiksa jika terus berada pada tekanan darah rendah yang menyebabkan kepala pusing atau mudah hilang kesadaran bahkan pingsan. Untuk penderita anemia, manfaat bawang putih dari kandungan vitamin B1, C dan khususnya zat besi yang dapat mengurangi penurunan tekanan darah.

Mengurangi Rematik

Bagi anda yang memiliki masalah rematik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena rematik menyangkut otot atau sendi pada tubuh kita. Bawang putih bisa mengurangi sakit pada beberapa bagian tersebut karena beberapa kandungan sperti natrium dan zink yang berperan untuk syaraf, otot dan sendi.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat bawang putih terdapat dari kandungan allicin yang dapat meredakan perut menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus dalam melancarkan pencernaan.

Bagi anda yang sulit buang air besar bisa memanfaatkan bawang putih sebagai bahan pelega perut. Konsumsi bawang putih dengan cara memadukanya dalam setiap makanan anda.

Obat Pernafasan

Pada beberapa negara seperti di yunano dan cina bawang putih dipercaya sebagai obat yang bisa meredakan sakit pernafasan khususnya bronkitis dan asma. Manfaat bawang putih dari kandungan allicinya memberikan aroma tajam pada penciuman dan juga meredakan radang atau sakit paru-paru.

Merangsang Sel Saraf

Manfaat bawang putih sangatlah baik untuk pembulu darah. Terutama bagi anda yang mengalami penyakit berkaitan dengan saraf. Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang bekerja untuk merangsang susunan sel saraf agar dapat bekerja dengan baik dan sempurna.

Sumber Stamina

Untuk anda yang mudah lelah, bawang putih bisa menjadi penguat stamina secara alami. Kebanyakan bahan isntan memiliki kandungan kimia dan berbahaya. Sedangkan bawang putih memang mengandung protein yang memberikan sumber stamina pada tubuh.

Mengobati Kolesterol

Manfaat bawang putih dari kandungan allin dan allicin pada bawang putih bisa membantu anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi untuk diatasi oleh bawang putih. Tubuh akan bermasalah jika memiliki kolesterol tinggi, karena kolesterol dapat mendatangkan berbagai penyakit berbahaya.

 

Mengobati Flu

Kandungan antibakteri dan anti jamur merupakan salah satu manfaat bawang putih untuk mengatasi flu. Dengan kata lain bagian yang terserang flu dapat diatasi dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin, maka anda akan segar kembali dan virus influenza kan segera pergi.

Membersihkan Telinga

Manfaat bawang putih untuk membersihka telinga sudah lama dipecaya. Kandungan zat fosfor bisa membantu membersihkan kuman dan bakteri di telinga. Selain itu bawang putih memberikan anti bakteri yang bisa mengusir berbagai penyakit yang menyerang telinga.

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat bawang putih untuk mengatasi sakit gigi dipercaya karena kandungan anti bakteri yang ada pada bawang putih. Cara mengatsainya cukup mudah, iris tipi bawang putih atau haluskan dan masukan dalam segelas air hangat, lalu gunakan utuk berkumur.

Mengurangi Uban

Bawang putih memiliki berbagai kandungan termasuk seng, mangan, zink dan juga natrium yang dapat menutrisi pigmen rambut. Dengan begitu anda bisa mengurangi uban atau rambut putih pada kepala anda. Gunakan bawang putih kemudian usapkan pada kulit kepala dan tunggu hingga meresap, setelah itu bersihkan dengan keramas.

Anti Ketombe

Manfaat bawang putih dari kandungan sulfur dan juga anti bakteri. dengan begitu bawang putih dianggap menjadi obat untuk rambut yang mengalami masalah ketombe. Karena ketombe tumbuh atau muncul dari bakteri atau kulit kepala yang kotor karena kurang dijaga.

Cara menggunakanya pun cukup mudah, Ambil beberapa siung bawang putih, lalu usapkan dirambut anda hingga mengenai kulit kepala dan diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan keramas. Lakukan dengan rutin dan teratur.

Anti Penuan

Selain itu, manfaat bawang putih lainya adalah sebagai obat anti penuaan. Dengan cara mengkonsumsinya secara rutin, maka dapat menutrisi kulit anda. Kandungan vitamin C dan B1 pada bawang putih amatlah bagus untuk peremajaan kulit anda.

Mengobati Maag

Dari hasi beberapa penelitian yang telah dilakukan, bawang putih memiliki lebih dari 200 kandungan senyawa yang bisa melawan gas dalam lambung meningkat. Selain itu manfaat bawang putih juga dapat mengatasi lika pada bagian lambung. Jika anda memiliki maag kronis, puasakan diri anda setelah itu buka dengan menggunakan air putih dan rebusan air bawang putih.

Mengobati Liver

Manfaat bawnag putih untuk mengatasi liver atau penyakit hati lainya karena kandungan antioksidan, allicin dan allin. Karena hati merupakan organ penting untuk membuang racun dan memproses sari makanan dan minuman, maka kerja hati sangatlah diperhitungkan

Meningkatkan Kerja Otak

Manfaat bawang putih lainya juga dapat meningkatkan kerja otak. Kandungan senyawa sallycylstein ternyata dapat mencegah degenerasi lobus frontal pada otak. Dengan begitu otak anda bisa berkembang dengan baik dan sangat berguna untuk anak-anak yang sedang dalam tumbuh kembang.

Mengatasi Sinusitis

Dalam bawang putih memiliki kandungan seperti allin yang akan melawan bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi sinus. Karena penyakit sinus yang paling banayak menyerang kita dan sebaiknya mengatasinya dengan mengkonsumsi bawang putih dengan teratur dan tepat.

Menurunkan Berat Badan

Selain dapat mengatsi ketobe, ternyata manfaat bawang putih juga bisa menurunkan berat badan dengan mengonterol berat badan. Selain itu, bawang putih sudah mengandung kalori dan protein, sehingga jangan takut merasa kelaparan atau kekurangan gizi.

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan dibuktikan dengan beberapa khasiat untuk mengatasi penaykit, dan salah satunya menghilangkan bekas luka pada tubuh. Kandungan beberapa vitamin sperti C dan B kompleks diyakini dapat meregenerasi kulit yang rusak.

Caranya cukup mudah, ambil beberapa siung bawang putih, lalu kaluskan. Setelah dihaluskan oleskan kepada bagian luka atau kulit yang rusak. Cukup gunakan seminggu 3 kali.

Mengobati Tenggorokan

Untuk anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan, amda dapat mencoba menggunakan bawang putih sebagai obatnya. Manfaat bawang putih terdapat dari kandungan allin dan allicin yang dapat membuat tenggorokan lebih hangat dan lebih lega. Sama halnya dengan cabai atau mint yang melegakan tenggorokan, dengan cara mengkonsumsi potong bawang putuh dengan tipis dan campur dengan madu.

Inilah seputar informasi dari manfaat bawang putih untuk kesehatan da kecantikan anda. Untuk menjalankan pola hidup sehat, anda dapat membaca artikel kesehatan. Sperti manfaat cabai untuk kesehatan, manfaat kangkung untuk kesehatan atau manfaat toge untuk kesuburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *